Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi

Pengembangan Fakultas Ekonomi UNISBA Blitar tidak lepas dari konteks sejarah berdirinya Fakultas Ekonomi UNISBA Blitar.Fakultas Ekonomi UNISBA lahir pada 17 Maret Tahun 2006 Prodi Akuntansi dan 21 Desember Tahun 2006 Prodi Manajemen di bawah naungan Yayasan Bina Citra Anak Bangsa. Pada awal berdirinya Fakultas ini membawahi dua program studi, yaitu Prodi Akuntansi dan Prodi Manajemen. Visi program studi S1-manajemen Universitas Islam Balitar Blitar adalah Menjadi Menjadi program studi manajemen yang unggul serta mengutamakan etika, jiwa kewirausahaan, kepemimpinan dan mampu menjunjung tinggi nilai-nilai Islam. Berdasarkan visi tersebut, maka misi Program Studi S1-Manajemen Universitas Islam Balitar Blitar adalah (1) Menyelenggarakan pendidikan manajemen yang berkualitas (2) Mengembangkan ilmu manajemen melalui penelitian yang inovatif dan publikasi bereputasi (3) Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat melalui penerapan ilmu manajemen berbasis nilai-nilai Islam.

Tata Pamong, Tata Kelola, dan Kerjasama
Fakultas Ekonomi dan Prodi S-1 Manajemen telah melaksanakan pola kepemimpinan dan pengelolaan sesuai dengan aturan dan kebijakan yang telah ditetapkan. Pelaksanaan tata kelola dan tata pamong menerapkan kaidah kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab, dan/atau adil sesuai pokok dan fungsinya secara teratur dan berkelanjutan. Lima fungsi manajemen telah diterapkan dalam proses kepemimpinan . Sistem Penjaminan Mutu Internal telah dilaksanakan dengan maksimal serta menerapkan siklus PPEPP berkesinambungan. Semua pemangku kepentingan telah puas dengan kinerja tata pamong dan perguruan tinggi.

Mahasiswa
Seleksi penerimaan calon mahasiswa baru pada Program Studi S1-Manajemen Universitas Islam Balitar Blitar dilaksanakan dengan sistem ujian masuk, yaitu Seleksi Ujian Masuk Lokal. Jumlah peminat pada Program Studi S1-Manajemen Universitas Islam Balitar Blitar untuk tahun 2020/2021 dapat dikatakan cukup besar, yaitu sebanyak 850 orang dengan rata-rata penerimaan mahasiswa per tahun sebanyak 200 orang, maka tingkat persaingan yang diterima pada Program Studi S1-Manajemen Universitas Islam Balitar Blitar adalah 1: 44,17 Program Studi S1-Manajemen mempunyai wadah perhimpunan mahasiswa yaitu Himpunan Mahasiswa Program Studi Manajemen (HIMAPRODI Manajemen). Kegiatan HIMAPRODI Manajemen dipadukan dengan kegiatan Program Studi agar tidak terjadi tumpang tindih. Wadah mahasiswa tersebut bertujuan untuk menunjang kemampuan mahasiswa di masa depan, diantaranya mengadakan kegiatan pelatihan-pelatihan yang bersifat ekstra, seminar dan lokakarya mahasiswa, pelatihan kepribadian.

Sumber Daya Manusia (SDM)
UNISBA Blitar melakukan tata kelola SDM dengan memenuhi standar kebutuhan , penarikan, seleksi, pengelolaan sampai dengan mengembangan karir yang terencana dan tertata dengan baik untuk dosen dan tenaga kependidikan. Jumlah dosen telah sesuai dengan kepakaran dan keahliannya. Dosen telah melakukan tugas utama mereka dengan baik dalam hal tri dharma yang dibina, dikelola, diawasi, dan dievaluasi secara periodik untuk peningkatan kompetensi secara berkelanjutan.

Keuangan, Sarana, dan PrasaranaFakultas Ekonomi dan Prodi Manajemen menjamin kecukupan anggaran cukup untuk mendukung jalannya pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Keuangan dikelola dengan sangat baik meliputi proses perencanaan, penerimaan, pendistribusian,
pelaporan, monitoring, audit, evaluasi sesuai dengan aturan dan kebijakan yang ada. Penyediaan dana yang cukup dipastikan untuk menyokong tri dharma perguruan tinggi untuk menjamin kualitas lulusan. Kecukupan sarana dan prasarana juga telah dipastikan untuk mudah diakses serta menjamin pencapaian dan pengembangan proses akademik.

Pendidikan
Pemangku kepentingan internal maupun eksternal selalu dilibatkan untuk mengembangkan kurikulum, kemudian di-review oleh ahli dalam bidang ilmu tersebut, asosiasi profesi, asosiasi keilmuan serta sejalan dengan kebutuhan pengguna dan pengembangan ilmu pengetahuan. Prasarana yang lengkap telah menunjang pembelajaran, selain itu dilakukan monitoring dan evaluasi, dan terintegrasi dengan tri dharma perguruan tinggi. Atmosfir akademik terbentuk dengan baik melalui banyak kegiatan non-kuliah kelas epistemik, yang dilakukan secara terstruktur dan melibatkan civitas akademika. Kepuasan mahasiswa dengan pelayanan akademik masuk dalam kategori tinggi.

Penelitian
Mahasiswa dilibatkan oleh dosen Program Studi S-1 manajemen. Tema yang diusulkan sesuai dengan roadmap penelitian fakultas maupun universitas. Dosen terus dimotivasi dan diberikan akses yang berhubungan dengan kegiatan yang berkaitan seperti: workshop metodologi riset, workshop penelitian internasional, workshop penguatan metodologi dan penulisan. Selain itu sistem penyeleksian untuk memenuhi tema sesuai roadmap dan melalui tahapan proses penelitian mulai seminar proposal sampai seminar hasil untuk mendapatkan penelitian yang berkualitas.

Pengabdian kepada Masyarakat
Pengabdian Kepada Masyarakat telah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan peta jalan yang dicanangkan oleh fakultas maupun universitas. Evaluasi kesesuaian Pkm dosen dengan mahasiswa selalu dilakukan pada setiap tahunnya. Pkm dilaksanakan dengan integrasi antara pengajaran dan pengabdian kepada masyarakat.

Luaran dan Capaian Tridharma
Program Studi S-1 Manajemen meluluskan mahasiswa yang sesuai dengan capaian pembelajaran dan profil lulusan dengan indeks prestasi yang baik. Mahasiswa juga memiliki prestasi akademik dan non-akademik yang baik di level internasional, nasional, dan lokal. Masa studi konsisten baik dalam tiga tahun terakhir. Tracer study dilakukan secara terkoordinir, reguler, terdokumentasi, menggunakan instrumen terstandar Dikti dan dimanfaatkan untuk perbaikan berkelanjutan. Mahasiswa juga memiliki publikasi ilmiah dan populer yang baik dan memiliki tren meningkat.