Riset pasar adalah proses menentukan kelayakan produk baru melalui survey/pendekatan/interaksi langsung dengan pelanggan potensial.

Riset pasar dilakukan untuk mengetahui target pasar, pendapat, umpan balik dari konsumen potensial tentang minat mereka terhadap ide produk bisnis.

Tujuan dilakukan riset pasar sebelum membangun suatu usaha adalah untuk mendapatkan umpan balik dari konsumen potensial atau dari kondisi pasar pada umumnya.

Harus diakui, bahwa pasti ada keraguan mengapa riset pasar perlu dilakukan dalam memulai wirausaha? 

Padahal, banyak pelaku bisnis online yang melewatkan proses riset pasar dan kelihatannya baik-baik saja. 

Riset Pasar Adalah Proses Krusial
Lalu mengapa Anda harus melakukan riset pasar terlebih dahulu sebelum melakukan bisnis online?

Jawabannya adalah karena, dalam membangun bisnis, Anda perlu banget tahu calon konsumen yang akan menjadi target pasar produk. Mendapatkan karakteristik target pasar yang baik adalah dengan melakukan riset pasar.

Artinya, pentingnya riset pemasaran adalah untuk membangun fundamental target pasar nantinya. Berkembangnya sebuah bisnis akan sangat dipengaruhi oleh pasar karena di sanalah produk dan layanan akan ditawarkan kepada konsumen.

Untuk lebih detailnya, KiriminAja sudah membuat pemaparan tentang bagaimana dan sejauh apa tujuan riset pasar bagi pemilik bisnis:

Menambah Peluang Baru
Riset pasar dinilai mampu menambah peluang untuk mendapatkan omset serta keuntungan yang lebih besar dibandingkan mereka yang tidak melakukan riset pasar. Peluang baru yang dimaksud tidak hanya sebatas pada pasar lokal saja, namun juga kemungkinan besar akan merambah ke daerah lain maupun luar negeri.

Mempelajari Kebutuhan dan Permintaan Pasar
Dengan melakukan riset pasar, para pelaku usaha akan mengetahui apa saja yang dibutuhkan konsumen dalam jumlah yang cukup besar.

Hal tersebut bisa menjadi dasar dan peluang bagi perusahaan untuk menambah omset dan keuntungan. Dengan melakukan riset maka Anda dapat memastikan bahwa produk yang ditawarkan akan sesuai dengan kebutuhan.

Mempelajari Karakter Calon Konsumen
Apabila kebutuhan dan permintaan pasar sudah diketahui, maka pelaku usaha selanjutnya akan mengetahui lebih dalam mengenai karakter konsumen yang akan menjadi target pasar. Pengenalan konsumen ini berfungsi untuk membantu pelaku usaha maupun perusahaan menemukan lokasi yang tepat untuk memulai bisnisnya.

Mempelajari Strategi Kompetitor
Riset pasar dilakukan dalam rangka mempelajari dan menganalisis strategi yang digunakan oleh kompetitor dalam memasarkan dan menjual produk.

Pelaku usaha bisa mencatat hal-hal yang perlu ditambahkan pada bisnisnya agar menjadi lebih baik. Dengan begitu, pelaku bisnis dapat lebih bersaing dengan kompetitor karena sudah memiliki bekal pengetahuan yang cukup.

Mempelajari/Mengetahui Kendala Serta Resiko
Alasan pentingnya riset pasar selanjutnya adalah bisa mengetahui dan mempelajari kendala serta resiko secara garis besar sebelum memulai usaha. 

Bisnis maupun usaha yang sudah diperhitungkan secara cermat terkait apa saja kendala dan resiko yang mungkin akan dihadapi, akan lebih mampu bertahan dalam waktu yang lebih lama dibandingkan mereka yang tidak melakukan riset pasar.