Visi dan misi perusahaan kerap dikaitkan dengan jati diri perusahaan, sama dengan budaya perusahaan.

Bahkan, visi dan misi lah yang menciptakan budaya perusahaan. Artinya, penting bagi sebuah perusahaan untuk memiliki visi dan misi.
Sekarang ini, membuat visi dan misi perusahaan mungkin bukan hal yang sulit. Dengan bercermin dari perusahaan-perusahaan lain yang unggul, sebenarnya kita bisa membentuk visi misi sendiri

Pengertian Visi Perusahaan

Visi perusahaan adalah pernyataan yang menjelaskan bagaimana perusahaan bercita-cita untuk mencapai tujuannya di masa depan.
Visi perusahaan bisa terdiri satu kalimat sederhana hingga beberapa paragraf yang menjelaskan tujuan dan inspirasi perusahaan. Dalam visi, perusahaan bisa juga menjelaskan nilai apa yang ditawarkan kepada konsumen dan stakeholders-nya.

Pengertian Misi Perusahaan

Misi perusahaan adalah pernyataan yang berorientasi pada tindakan, menyatakan tujuan layanan suatu perusahaan kepada audiens yang biasanya mencakup fungsi, tujuan dan deskripsi umum perusahaan.


Tujuan  Visi Misi Perusahaan
Tentunya ada tujuan dari membuat visi dan misi perusahaan, bukan sekadar kata-kata indah belaka. Berikut ini beberapa manfaat memiliki pernyataan visi dan misi perusahaan:
1. Memberikan Standar Kerja
  • Saat seorang karyawan mengerti dan memahami maka secara tidak langsung karyawan tersebut akan mulai menyadari bahwa dia harus memberikan standar kerja yang dimilikinya secara optimal demi mencapai tujuan dari perusahaan.
2. Karyawan Merasa Pekerjaannya lebih Bermakna
  • Pernyataan visi dan misi memberikan filosofi eksistensi kepada karyawan yang sangat penting, karena sebagai manusia kita membutuhkan makna dari pekerjaan yang akan dilakukan. Pernyataan visi dan misi memberikan makna yang diperlukan untuk bekerja di perusahaan tersebut.
3. Memberi Gambaran Keadaan Perusahaan
  • Visi dan misi menjelaskan konteks di mana perusahaan beroperasi dan memberi karyawan gambaran iklim organisasi yang harus diikuti. Karena menentukan alasan keberadaan perusahaan, maka visi dan misi adalah indikator arah kemana organisasi harus bergerak untuk mengaktualisasikan tujuannya.
4. Memastikan Tujuan Dasar dari Sebuah Perusahaan
  • Memiliki visi dan misi berarti sama saja dengan memetakan secara jelas, apa saja yang menjadi dasar tujuan didirikannya sebuah perusahaan.
  • Pernyataan visi dan misi memberikan tujuan yang bulat bagi organisasi serta mengilhami karyawan dengan rasa memiliki. Sejatinya, pernyataan visi dan misi merupakan perwujudan dari jati diri organisasi dan motto organisasi.
5. Menjadi Acuan Perusahaan dalam Mengembangkan Bisnisnya
  • Perusahaan perlu sebuah landasan sebagai tonggak untuk menentukan apa saja perencanaan bisnis yang akan dikembangkan demi kemajuan dari perusahaan. Dengan adanya visi dan misi, sebuah perusahaan sudah memiliki acuan dalam memajukan perusahaan.
6. Sebagai Pedoman bagi Departemen
  • Penentuan visi dan misi perusahaan kemudian dijabarkan lebih lanjut oleh masing-masing departemen dalam perusahaan. Dari sini, karyawan mengtahui deskripsi pekerjaan yang harus dilakukannya agar tepat sasaran dan tidak salah dalam mengambil langkah atau kebijakan-kebijakan yang penting bagi departemennya masing-masing.
  • Visi dan misi membantu menerjemahkan tujuan organisasi ke dalam struktur kerja dan memberikan tugas kepada elemen-elemen dalam perusahaan yang bertanggung jawab untuk mewujudkannya dalam praktik.
7. Sebagai Sarana dalam Pengambilan Keputusan Perusahaan
  • Seperti disebutkan sebelumnya, visi dan misi berperan sebagai pedoman perusahaan untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Saat pemimpin perlu membuat sebuah peraturan, biasanya mereka juga mempertimbangkan visi dan misi perusahaan sebagai dasar pengambilan keputusan.