Langsung ke konten utama

Studi kasus : Tanggung jawab Perusahaan Internasional dan etika bisnis

Perusahaan Cemex, adalah produsen semen ketiga terbesar di dunia dan telah menjadi unggul di pasar global dengan secara terus-menerus bekerja untuk meningkatkan layanan yang diberikan kepada para pelanggannya, dimana pun mereka berada. Cemex (www.cemex.com), berpusat di Monterrey, Meksiko, mengikuti prinsip-prnsip tertentu yang diyakini membuat “Cemex” menjadi berbeda”. 

Prinsip itu mencakup peningkatan layanan pelanggan, teknologi yang berfokus pada pelanggan, efisiensi operasi, pengembangan manajemen, efisiensi ekologi, memberdayakan orang-orang, kepemimpinan pasar, berpikiran strategis, bersemangat untuk belajar, dan berpandangan global. Cemex yakin bahwa untuk berhasil dalam lingkungan global yang ketat persaingannya, manajer memerlukan sudut pandang yang multi budaya. 

Perusahaan itu telah melaksanakan beberapa inisiatif yang mencangkup program pendidikan yang mendorong komunikasi yang efektif dan penyatuan kantor-kantor Cemex di seluruh dunia, program ekspatriat yang melalui program itu para eksekutif dari negara-negara yang berbeda diberi posisi kunci di sejumlah fasilitas di negara asing, dan kegiatan lain yang memberi peluang para manajer untuk memperbanyak pengalaman globalnya. 

Manajer perusahaan seperti Raymundo Gonzales, seorang manajer divisi perdagangan internasional, menemukan betapa pentingnya memahami pengelolaan dalam lingkungan global. Walaupun ditempatkan di Monterrey, Meksiko, Gonzales akan sering bekerja di operasi Camex di Asia, terutama di Indonesia, Semen Gresik. Perusahaan yang beroperasi di bidang pabrikasi itu merupakan yang terbesar bagi Cemex di luar Meksiko. Sebelumnya secara resmi bergabung dengan Gresik, Cemex telah banyak melakukan perdagangan semen di Asia. Tidak diragukan lagi bahwa bisnis di Asia tersebut penting bagi rencana masa depan Cemex. 

Ada beberapa kesamaan antara Meksiko dan Indonesia. Keduanya adalah negara berkembang di mana perusahaan harus menciptakan iklim kerja yang menyenangkan dan mereka kadangkala harus bekerja dengan teknologi yang terbatas. Tetapi perbedaannya tampaknya jauh lebih besar. 

Sebagai contoh, karakteristik budaya kedua negara itu sangat berbeda. Mayoritas agama (Katolik dan Islam), selera musik, dan makanan adalah beberapa perbedaan yang harus dihadapi oleh para manajer Cemex. Tidak mudah bagi para manajer Cemex untuk melakukan penyesuaian segera. Begitu pula bagaimana pendekatan yang diperlukan agar orang Meksiko dan Indonesia dapat bekerjasama dengan sang manajer


Sumber: Robbins & Coulter, 2002 

Pertanyaan: Apakah yang menjadi permasalahan pada kasus diatas, dan berikan rekomendasi?

Beri Komentar dibawah ini:

Komentar

  1. Masalahnya adalah antar perusahaan dua negara ini memiliki hampir sama produk yang dijualkan. Dan di karenakan ini, perusahaan pihak Indonesia mencoba untuk bekerja sama dengan perusahaan Meksiko agar memiliki untung yang sama.
    Rekomendasi ku adalah lebih baik pihak Indonesia mencoba bekerja sama agar memiliki kualitas yang lebih baik dan sama-sama bagusnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Shabrina Ramadhanty
      Maaf sebelumnya tadi Centangnya tidak berfungsi ๐Ÿ™

      Hapus
    2. Nama: shabrina Ramadhanty
      Nim 20106620204

      Hapus
    3. Saya belum ada di daftar paak ๐Ÿ™

      Hapus
  2. Nama : Johan Abdi Surya
    NIM : 20106620166
    Kelas : Manajemen C

    Permasalahan yang terjadi pada perusahaan tersebut adalah cukup sulit melakukan penyesuaian dalam hal keseleraan konsumen.
    Mungkin beberapa hal yang dapat dilakukan untuk penyesuaian yaitu dengan cara melakukan survei seberapa banyak dan kepuasannya setelah menggunakan produk kita, mencari teknik marketing yang terbaik untuk memasuki di area yang selera musik dan/atau makanan.

    BalasHapus
  3. Nama : Fitri Mustikasari
    NIM : 20106620145

    Dalam kasus tersebut permasalahannya adalah adanya perbedaan lingkungan budaya yang dimiliki Meksiko (Camex) dan Indonesia (Semen Gresik), rekomendasinya adalah Camex harus mampu memodifikasi perilakunya di Indonesia agar sesuai dengan budaya Indonesia. Permasalahan berikutnya adalah teknologi. Tujuan semen gresik adalah memproduksi,memperdayakan semen yang berorientasi pada kepuasan konsumen dengan menggunakan teknologi yang ramah lingkungan. Namun kadangkala mereka bekerja dengan teknologi terbatas. Rekomendasi untuk memajukan perusahaan harus mempersiapkan teknologi apa yang diperlukan perusahaan dan melatih karyawan agar dapat menguasai teknologi tersebut.
    Permasalahan yang ke 3 yaitu etika dan tanggung jawab sosial. Prinsip Camex mencakup pelayanan pelanggan,memberdayakan orang,berfikir strategis,efiesiensi operasi dan berpandangan global. Rekomendasinya perusahaan membuat aturan tentang menjaga etika dan menekankan kepada para manajer atau atasan untuk menjadi contoh bagi karyawan dalam menjalankan etika moral. Selain itu perusahaan mengadakan CSR yang dijadikan kegiatan rutin.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Nama : gatot mulyadi
    Nim : 20106620208
    Kelas : manajemen karyawan C
    Menurut pendapat saya permasalahan ada pada perbedaan lingkungan antara meksiko dan indonesia , juga perbedaan hukum antar kedua negara dan pt. Cemex harus menyesuaikan denga hukum yang ada di indonesia, perbedaan penggunaan teknologi dan sumberdaya manusia. Menurut saya rekkmendasi untuk pt. Cemex adalah adaptasi dan penyesuaian terhadap perbedaan antara kedua negara baik lingkungan budaya, hukum maupun teknologi dan SDM akan tetapi tetap menjalankan prinsip utama mereka.

    BalasHapus
  6. Nama : Bagus Adi Sajiwo
    Nim : 20106620137

    Pada kasus di atas kita ketahui bahwa para manajer cemex kurang bisa beradaptasi atau susah untuk beradaptasi dengan perbedaan budaya ( Culture shock ) antara Meksiko dengan Indonesia untuk menyikapi permasalahan tersebut para manajer cemex harus bisa mencari cara terbaik untuk meminimalisir dan mengatasi culture shock adalah dengan membaca dan mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang tempat di mana Anda akan tinggal dan hal-hal yang Anda akan lakukan di sana. Bertanya kepada orang yang sudah pernah pergi atau tinggal di negara tersebut juga bisa menjadi salah satu solusi. Mereka juga harus selalu berpikiran terbuka karena salah paham akan sering sekali terjadi dikarenakan perbedaan budaya yang ada. Cobalah menjalin hubungan baik dengan penduduk sekitar. Mereka akan dengan senang hati memperkenalkan dan mengajari banyak hal baru.

    *Mohon maaf jika salah memahami masalah yang sebenarnya terjadi

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Nama : Irgi Imatu Mifta
    Nim : 20106620160
    Kelas : Manajemen A

    Pertanyaan:
    Apakah yang menjadi permasalahan pada kasus diatas, dan berikan rekomendasi?

    Jawaban :
    - Menurut pendapat saya yang menjadi permasalahan dari artikel tersebut adalah keinginan Meksiko untuk melakukan kerjasama dengan Indonesia yang mengalami kendala. Tidak mudah bagi para manajer Cemex untuk melakukan penyesuaian segera. Karena perbedaan keduanya tampak jauh lebih besar. Seperti karakteristik budaya kedua negara itu sangat berbeda. Mayoritas agama (Katolik dan Islam), selera musik, dan makanan adalah beberapa perbedaan yang harus dihadapi oleh para manajer Cemex. Begitu pula bagaimana pendekatan yang diperlukan agar orang Meksiko dan Indonesia dapat bekerjasama dengan baik.

    - Salah satu solusi yang dapat mereka lakukan adalah mencoba untuk selalu berpikiran terbuka karena salah paham akan sering sekali terjadi apalagi perbedaan budaya yang ada sangat jelas. Cobalah menjalin hubungan kerjasama yang baik dengan masyarakat yang ada. Agar lebih mudah di terima keberadaannya dan memudahkan adaptasi pihak Cemex.

    BalasHapus
  9. Nama : Dwi Septyaningsih
    NIM : 20106620052
    Kelas : Manajemen Karyawan B
    Dalam kasus ini permasalahannya ada pada perbedaan karakteristik budaya dan lingkungan antara kedua negara yaitu mexico dan Indonesia. Perusahaan cemex harus bisa menyesuaikan dengan perbedaan yang ada baik lingkungan maupun budaya. Dengan melakukan pendekatan dengan masyarakat sekitar bisa lebih mudah untuk pengenalan dan penyesuaian hal baru.

    BalasHapus
  10. Menurut saya masalah yang terjadi yaitu masalah kerjasama dan penyesuaiam lingkungan bisnis.Hal ini terjadi karena kegiatan bisnis internasional tanpa adanya kerjasama antar negara memiliki banyak hambatan.Kerjasama ini memperlancar aktivitas bisnis internasional.Walaupun dulu pernah terjadi sengketa antara Cemex dan Semen Gresik,tapi sudah berlalu dan sudah ada penyelesaian.Mungkin antara Cemex dan Semen Gresik bisa bekerja sama lagi untuk pembelian saham.Walaupun itu semua perlu waktu,dan Faktor lingkungan berpengarug cukup besar pada aktivitas bisnis internasional.Peran dari lingkungan tersebut dalam bisnis internasional adalah membentuk sebuah etika dan tangung jawab sosial yang nantinya akan diterapkan oleh
    pihak-pihak yang berkecimpung didalamnya. Hal ini akan menjadi perhatian
    organisasi-organisasi internasional yang berfokus pada bidangnya masing masing.Pentingnya etika dalam dunia bisnis adalah superlatif dan global. Saat ini, kebutuhan untuk perilaku etis dalam organisasi telah menjadi penting untuk menghindari tuntutan hukum.Dan seharusnya untuk menjalankan kerjasama ini mexico harus bisa beradaptasi sesuai keadaan Indonesia dengan selera konsumennya untuk menjalin kerjasama agar dua negara ini bisa mencapai tujuan bersama dilingkungan bisnis internasional.

    Rohcian Valentina Saputri (20106620126)

    BalasHapus
  11. Nama : Kusna Yulanda Sari
    NIM : 20106620011

    Permaslahan : Perbedaan Kedua Negara yaitu Meksiko dan Indonesia.
    Rekomendasi : Kedua Negara tersebut bisa melakukan peleburan budaya, untuk ketertinggalan peralatan teknologi, nantinya dari meksiko bisa mengeksport peralatan teknologi yang dibutuhkan ke Indonesia sehingga akan saling menguntungkan dan sama sama mengangkat nama perusahaan.

    BalasHapus
  12. Nama : Khoirun Nisak
    NIM : 20106624001
    Kelas : Manajemen B

    Menurut saya yang menjadi permasalahan adalah pihak Meksiko mengalami kendala saat ingin bekerjasama dengan Indonesia karena perbedaan budaya, agama dan lain-lain. Rekomendasinya sebaiknya pihak Meksiko beradaptasi dengan cara mencari informasi tentang Indonesia, dan yang pasti harus mencoba untuk menjalin hubungan kerjasama langsung dengan masyarakat agar mereka tahu bagaimana budaya di Indonesia sehingan antara Meksiko dan Indonesia bisa bekerjasama dengan baik dan sama - sama diuntungkan.

    BalasHapus



  13. Nama: Risang Sapta Wiguna
    Nim : 20106620206


    permasalahan yang terjadi adalah perbedaan karakteristik budaya, geografis antara Meksiko dan Indonesia. Dimana perbedaan itu menyulitkan manajer untuk menyesuaikan diri dengan cepat di tempat baru. Selain itu terjadi perbedaan bahasa dan krakter lain lain sehingga menyulitkan manajer untuk pendekatan dengan orang meksiko.
    Rekomendasi dari saya adalah sebagai seorang manajer kita perlu memahami budaya dan bahasa serta mencari tau tentang negara atau tempat yang akan dikunjungi sehingga bisa dengan mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar

    BalasHapus
  14. Nama : Dwi Wahyuningtiyas
    Nim : 20106620005
    Kelas : Manajemen C

    Permasalahannya karena adanya beberapa kesamaan antara Meksiko dan Indonesia. Keduanya adalah negara berkembang di mana perusahaan harus menciptakan iklim kerja yang menyenangkan dan mereka kadangkala harus bekerja dengan teknologi yang terbatas. Sangat tidak mudah bagi para manajer Cemex untuk melakukan penyesuaian. Begitu pula bagaimana pendekatan yang diperlukan agar orang Meksiko dan Indonesia dapat bekerjasama dengan sang manajer.
    Rekomendasi dari masalah tersebut yaitu harus menjalin hubungan kerjasama yang baik dan menjalin kumunikasi yang baik dengan masyarakat yang ada.

    BalasHapus
  15. Nama : Achmad Fadeli
    Nim : 20106620102

    Permasalahan yang terjadi dalam kasus tersebut antara lain adalah di mana pt cemex mengalami kesulitan dalam hal adaptasi / penyesuaian lingkungan dan bagaimana mereka menjalin hubungan kerjasama dengan semen gresik.

    Sebisa mungkin pt cemex harus segera menyesuaikan terhadap perbedaan-perbedaan yang ada di lingkungan mereka, berpikir kritis dan sikap toleransi. Bersikap etis sebagai orang baru dan terus melakukan perbaikan dalam hal komunikasi. Tidak dapat dipungkiri bahwa komunikasi memiliki peranan penting dalam hal menjalin kerjasama. Komunikasi yang baik tentu akan mengurangi potensi kesalahpahaman antar kedua belah pihak, dan juga akan menjaga hubungan antar keduanya menjadi sinergi satu sama lain.

    BalasHapus
  16. Nama:Chindy Devania A
    Nim:20106620151
    Manajemen Karyawan B

    Permasalahan yang dihadapi sang manajer adalah sulitnya melakukan penyesuaian antara negara satu dengan negara lainnya, dalam konteks ini adalah adanya perbedaan karakteristik negara antara Indonesia dan Meksiko. Tentunya ini akan sangat mempengaruhi dalam pengembangan perusahaan Cemex terutama dalam hal produksi. Sulitnya mengembangkan perusahaannya diwilayah negara berkembang seperti Indonesia harus segera dicari solusinya agar tidak menghambat perkembangan perusahaan tersebut. Menjalin persahabatan baik dengan negara lain mungkin bisa menjadi solusi yang paling mudah dilakukan. Jangkauan bisnis dapat menjadi lebih luas hingga menghasilkan keuntungan baru. Setiap perusahaan dapat menjalankan penggunaan alat-alat produksi secara optimal dan dapat mempelajari teknik produksi yang lebih efisien.

    BalasHapus
  17. NAMA:RENDY RAVICKY
    NIM:20106620161
    Menurut saya kerjasama dalam hubungan bisnis sangatlah penting untuk kemajuan bisnis pada negara berkembang

    BalasHapus
  18. Nama : Nurika Anggarani
    Nim : 20106620020
    Manajemen A

    Menurut saya, permasalahan yang terjadi dalam kasus diatas adalah perbedaan karakteristik budaya maupun lingkungan antara Meksiko dengan Indonesia.
    Kedua manajer perusahaan ini harus memiliki fikiran terbuka, untuk menerima dan menyesuaikan diri untuk saling bekerja sama demi kemajuan bisnisnya di internasional.
    Dengan mewujudkan itu, mereka harus saling berbagi informasi dan selalu berkomunikasi baik satu sama lain supaya tidak ada selisih faham nantinya, meskipun terbatasnya teknologi produksi yang mereka punya.
    Perlahan lahan dapat menyesuaikan diri terhadap lingkungan dan karakteristik budaya masing masing, mereka dapat melakukan kerja sama dengan baik di negara yang mana masih disebut negara berkembang demi suksesnya bisnis keduanya di internasional.


    BalasHapus
  19. Nama : Muhamamad Fajar S
    NIM : 20106620146
    Kelas : Manajemen A

    Menurut saya ada dua permasalahan yang pertama soal perbedaan lingkungan budaya, dan yang kedua permasalahan teknologi. Perbedaan lingkungan budaya dan juga permasalahan teknologi ini membuat perusahaan bisa mengalami perkembangan yang lambat. Cara yang dapat diambil pertama soal lingkungan budaya, perusahaan Cemex harus bisa beradaptasi dengan budaya Indonesia, sesuai dengan prinsip Cemex, untuk berhasil dalam lingkungan global yang ketat persaingannya, manajer memerlukan sudut pandang multi budaya, oleh karena itu para manajer harus memperbanyak pengalaman globalnya. Kedua soal permasalahan teknologi, cara yang dapat diambil adalah perusahaan Cemex harus mempersiapkan teknologi yang dirasa diperlukan oleh perusahaan dan juga melatih para karyawan untuk pengoperasian teknologi tersebut agar bisa seusai dengan standard yang diinginkan oleh Cemex, karena prinsip Cemex sendiri mencakup pelayanan pelanggan, memberdayakan orang, berfikir strategis, efisiensi operasi, dan berpandangan global.

    BalasHapus
  20. Nama : Meicha Gusna Putri
    NIM : 20106620147
    Kelas : Manajemen Karyawan A

    Menurut saya permasalahan dari kasus di atas yaitu perbedaan antar negara. Dalam berbisnis tentunya kita ingin mengembangkan perusahaan hingga manca negara. Dalam hal itu tidaklah mudah, karena disetiap negara memiliki karakteristik yang berbeda². Disinilah keahlian berbisnis di uji, melakukan pendekatan dengan satu negara memerlukan strategi yang bisa di terima oleh negara tersebut. Strategi berbisnis yang efektif dan cerdas sangat diperlukan dalam hal mengembangkan bisnis. Selain strategi, kemajuan teknologi juga menjadi pertimbangan, karena pada dasarnya teknologi satu negara dengan yang lainnya tidak lah sama. Maka dari itu sebagai pebisnis kita harus bisa mengira-ngira bagaimana jika produk kita masuk ke negara lain. Semua pertimbangan dari segala aspek harus diperhitungkan. Memiliki motivasi tinggi untuk mengembangkan bisnis tidak salah, namun membutuhkan strategi yang mampu menembus pasar global, sehingga bisa di terima di berbagai negara. Selain strategi bisnis, karakter dari individu juga sangat mempengaruhi saat menawarkan bisnis kita. Kualitas produk yang ditawarkan menjadi faktor utama dalam berbisnis.

    BalasHapus
  21. Nama : Febrian Nujaya
    Nim : 20106620025
    Manajemen A

    Menurut saya permasalahan yang terjadi pada kasus diatas adalah banyaknya perbedaan, sehingga terjadi minimnya pengetahuan tentang karakteristik suatu negara. Meskipun mereka adalah negara yang masih sama-sama berkembang, dalam hal pabrikasi semen Negara mexico jauh lebih unggul. Karena perusahaan semen cemex adalah produsen semen terbesar ketiga di dunia. Dengan prinsip yang diyakini oleh perusahaan cemex yakni "manajer bersudut pandang multi budaya" seharusnya pihak cemex lebih berpengalaman dan lebih mudah dalam beradaptasi dengan budaya sekaligus negara, sehingga tercapainya kerjasama antar perusahaan tersebut.

    BalasHapus
  22. Nama : Hesti Nur Istikhomah
    NIM : 20106620029
    Kelas : Manajemen Karyawan A

    Permasalahan dari kasus diatas yaitu adanya perbedaan karakteristik budaya Negara Meksiko dan Indonesia meliputi perbedaan mayoritas agama (Katolik dan Islam), selera musik, dan makanan. Dan dalam hal tersebut Manajer perusahaan Cemex sulit untuk melakukan penyesuaian segera yang menghambat keinginan Meksiko untuk melakukan kerjasama dengan Indonesia.
    Dari permasalahan tersebut maka menurut rekomendasi dari saya adalah sebagai seorang manajer kita perlu memahami budaya dan bahasa serta mencari tau tentang negara atau tempat yang akan dikunjungi sehingga bisa dengan mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar untuk memperbaiki komunikasi kita sebagai pelaku bisnis internasional. Serta membuat motivasi serta berbagai macam strategi agar bisnis kita diterima pada pasar global.

    BalasHapus
  23. NAMA : KHOMSATUN NUR KHOTIMAH
    NIM : 20106620104
    Yang menjadi permasalahan dari kasus di atas adalah :
    1. Perbedaan lingkungan budaya bisnis yang signifikan antara Mexico dan Indonesia, kegiatan bisnis Internasional tidak akan pernah lepas dari lingkungan di sekelilingnya.
    2. Perbedaan hukum antara Mexico dan Indonesia
    3. Perbedaan Tekhnologi antara Mexico dan Indonesia
    4. Etika Investor, Organisasi asing, karyawan, konsumen dan alin sebagainya antaraa Indonesia dan Mexico pasti berbeda. Perusahaan harus berfikir strategis dan berpandangan global untuk menjaga hubungan dengan pihak stakeholder agar mampu mencapai tujuan.
    * Rekomendasi :
    PT cemex seharusnya bisa beradaptasi terhadap perbedaan lingkungan budaya yang terjadi, dimana perusahaan mereka yang berada di Negara Indonesia harus menjalankan yang sudah menjadi prinsip mereka akan tetapi tetap mengikuti dan menghormati budaya/ kebiasaan Indonesia

    BalasHapus
  24. Nama : Ardya Pramayhshela Maharani
    Nim : 20106620024

    Permasalahanya adalah Manajer yang kurang memahami karakter pelanggan yang mereka butuh kan.
    Dimana manajer itu harus memehami konsumen dimanapun dengan cara dia adaptasi, jadi tidak melulu tentang eropa tapi harus memahami semua negara.
    Maka dari itu cemex akhirnya memperluas usaha dengan cara manajer mengirim keberbagai negara agar juga tau bagaimana cara memahami keinginan konsumen.

    BalasHapus
  25. Nama : Jihad Ardiansa
    NIM : 20106620026

    Menurut saya permasalahan yang terjadi pada kasus diatas yaitu adanya perbedaan karakteristik budaya antara indonesia dengan meksiko yang membuat para manajemen pt cemex sulit untuk beradaptasi dengan cepat di indonesia sehingga bisa membuat sistem kerja yang kurang maksimal.
    Oleh karena itu , seharusnya kedua negara melakukan kerjasama dan komunikasi yang baik sesama manajer maupun dengan para masyarakat untuk memenuhi apa yang dibutuhkan konsumen.

    BalasHapus
  26. Nama : Anggun Shinta Dewi
    NIM : 20106620013

    Jika dilihat dari artikel tersebut, Permasalahan yang terjadi sebenarnya bukan dari faktor internal perusahaan.
    karena CEMEX sendiri sudah melakukan berbagai metode untuk mengembangkan perusahaan dan memperluas pasar hingga berbagai negara.
    melainkan masalah tersebut timbul dari faktor eksternal.
    sebagai contoh salah satunya disebutkan diatas bahwa CEMEX sulit untuk beradaptasi dengan SEMEN GRESIK INDONESIA karena faktor karakter negara.
    dalam hal kerjasama antar perusahaan, sudah diwajibkan harus ditemukan titik tengah yang tepat, dimana kedua perusahaan harus saling menguntungkan.
    jika kedua perusahaan tersebut berhasil menemukan sebuah kesepakatan yang baik, maka dapat dipastikan akan tercipta sebuah produk semen berkualitas tinggi, kolaborasi 2 negara dengan etnis berbeda.

    BalasHapus
  27. Nama : Tri Rahayu Wilujeng
    NIM : 20106620091

    Dari kasus tersebut tindakan yang mungkin dapat dilakukan adalah dengan observasi dari masing-masing perusahaan tetsebut. Perbedaan negara yang menjadi faktor utama karena pastinya juga terdapat perbedaan pula dalam budaya, kebiasaan, maupun agamanya bisa dijadikan sebagai patokan bagaimana caranya agar kedua negara tersebut bisa bekerja sama. Mungkin juga dengan melakukan observasi atau pengamatan, mereka dapat menemukan ide baru dalam berkolaborasi dan mencapai kesepakatan bersama apabila mereka juga bisa memahami kondisi negara satu sama lain.

    BalasHapus
  28. Nama : Aina Nur Octavia
    NIM : 20106620157
    Kelas : Manajemen B


    Adaptasi dari Crosscultural sebenarnya bisa dipelajari di negeri kita sendiri yang beragam suku bangsa dan bahasa, dalam dunia pekerjaan kita juga acapkali kita berinteraksi dengan keberagaman tersebut. Tetapi yang perlu digali dan dilatih pada diri pemimpin/manager tersebut adalah kesadaran akan keberadaan dirinya dan ketulusan hatinya, dimana kita berpijak hendaknya dapat memberikan warna pada tempat tersebut dengan kebermaknaan dan manfaat bagi orang banyak tentunya dengan tujuan kebaikan. Maka kita akan dapat lebih diterima oleh segala lapisan.

    Maka apapun tujuan dan harapan kita atau perusahaan dapat diterima dan dilaksanakan oleh semua pihak, saya berkaca pada Pasukan Garuda kita yang dikirim ke Libanon diantara sekian negara, Indonesia lebih diterima dengan Proyek Pendekatan Hati dari anak-anak sampai nenek di Libanon menyayangi Pasukan Garuda disana.

    Dengan mewujudkan itu, mereka harus saling berbagi informasi dan selalu berkomunikasi baik satu sama lain supaya tidak ada selisih faham, meski terbatasnya teknologi yang mereka punya.

    Perlahan lahan dapat menyesuaikan diri terhadap lingkungan dan karakteristik budaya masing masing, mereka dapat melakukan kerja sama dengan baik di negara yang mana masih disebut negara berkembang demi suksesnya bisnis keduanya di internasional.

    BalasHapus
  29. Nama : Rafiqa oktafiani
    Nim : 20106620113

    Manurut saya permasalahan pada kasus tersebut adalah karakteristik budaya antara Meksiko dan Indonesia yang sangat berbeda, yang mengakibatkan para manajer Cemex dari Meksiko tidak mudah melakukan penyesuaian ketika ditempatkan di Indonesia

    Rekomendasi, diharapkan perusahaan Cemex pusat dapat memberikan pengenalan awal kondisi kultur dan budaya, kepada para pegawai yang akan ditempatkan di suatu negara tertentu dalam hal ini Indonesia, agar pegawai/manajer tersebut lebih siap dan dapat segera menyesuaikan.
    Mohon maaf Pak terlambat kirim tugas

    BalasHapus
  30. Nama : Viviani
    Nim : 20106620027
    Kelas : manajemen karyawan A

    Permasalahan : hubungan antara negara meksido dengan indonesia dalam hubungan bidang perdagangan belum terefleksikan, dimana banyak perbedaan dalam segi makanan dan jenis musik menjadi salah satu hambatan untuk kedua negara tersebut dan kurangnya pengetahuan dikalangan perusahaan pengusaha juga dapat menjadi kendala untuk kedua negara tersebut menjalankan kerja sama.

    Rekomendasi : seharusnya pihak pengusaha cemex dpt segera beradaptasi dan menyesuaikan diri terhadap perbedaan yang ada guna memperlancar kerja sama antar negara.

    BalasHapus
  31. Nama: Rose Andreas
    Nim: 20106620139
    Kelas : Manajemen Karyawan B
    Dalam study kasus diatas permasalahannya adalah prusahaan camex dari meksiko yang berusaha menjalin kerjasama dengan perusahaan semen gresik (Indonesia) dan mengalami kendala pada selera konsumen terutama budaya masyarakat indonesia yang tentunya berbeda dengan orang di meksiko.
    Permasalahan ke-2 , produk yang kedua perusahaan ini jual sama maka untuk mencapai win-win solution pasti akan sedikit sulit. Dikarenakan ego dari masing-masing perusahaan yang ingin memperoleh laba yang banyak.
    Solusi: manajer-manajer camex (meksiko) harus lebih melakukan riset terhadap budaya maupun selera konsumen di indonesia agar dapat menemukan kesepakatan untuk menjalin kerjasama dengan perusahaan di indonesia (semen gresik).
    Solusi ke-2 perusahaan camex(meksiko) harus lebih dlu menurunkan ego nya demi terciptanya win-win solution pembagian laba maupun tentang produk yang dijual di indonesia pada perusahaan semen gresik (indonesia).

    BalasHapus
  32. Nama:Daffa Freynaldi Darmawan
    Nim. :20106620207

    -Menurut saya permasalahan pada kasus diatas adalah perbedaan karakteristik antara budaya yang ada diMeksiko dan diIndonesia.
    -Sedangkan solusi yang dapat mereka lakukan adalah dengan mencoba untuk berfikir lebih luas dan lebih terbuka lagi agar bisa lebih cepat dalam beradaptasi,dan sebaiknya mereka juga melakukan pendekatan dengan masyarakat untuk mempermudah pengenalan dan penyesuaian hal yang baru

    BalasHapus
  33. Nama : Rizki Malia Putri
    Nim : 20106620093
    Kelas : Manajemen B

    Permasalahannya karena adanya beberapa kesamaan antara Meksiko dan Indonesia. Keduanya adalah negara berkembang di mana perusahaan harus menciptakan iklim kerja yang menyenangkan dan mereka kadangkala harus bekerja dengan teknologi yang terbatas. Sangat tidak mudah bagi para manajer Cemex untuk melakukan penyesuaian. Begitu pula bagaimana pendekatan yang diperlukan agar orang Meksiko dan Indonesia dapat bekerjasama dengan sang manajer.
    Rekomendasi dari masalah tersebut yaitu harus menjalin hubungan kerjasama yang baik dan menjalin kumunikasi yang baik dengan masyarakat yang ada.

    BalasHapus
  34. Nama : Alik Sugiarti
    NIM : 20106620141
    Permasalahan : Tidak mudah bagi para manajer cemex untuk melakukan penyesuaian dan cara pendekatan orang meksiko dan indonesia.
    Rekomendasi : yang pertama manajer harus melakukan penyesuaian diri dengan cara mempelajari karakteristik dari budaya-budaya tersebut kemudian melibatkannya dengan bisnis tersebut sehingga dapat beradaptasi.
    Yang kedua untuk melakukan pendekatan itu perlu Membangun Komunikasi yang baik karena komunikasi merupakan hal yang sangat penting dalam perusahaan. Masalah komunikasi dan hambatan persepsi bahasa dan budaya perlu diatasi agar tercipta komunikasi yang baik.
    Bila komunikasi di lingkungan kerja berjalan baik, maka pemimpin dapat dengan mudah menyampaikan instruksi, informasi, dan kesuksesan perusahan tergantung pada bagaimana cara pengelolaan SDM dan merangkul segala perbedaan

    BalasHapus
  35. Nama : Via Dwi Cahyati
    Nim. : 20106620096
    Kelas : Manajemen Karyawan A
    Menurut saya, Permasalahan yang terjadi pada perusahaan tersebut adalah tidak mudah melakukan penyesuaian dan cara pendekatannya.
    Rekomendasi : harus menjaga komunikasi dan kerja sama bersama yang baik antar Meksiko dan Indonesia. Lebih mengembangkan strategi pemasaran/marketing nya.

    BalasHapus
  36. Nama : Azza Nurlaila
    NIM : 20106620086
    Kelas : Manajemen Karyawan A 2020

    Permasalahan :
    Negara Meksiko dan Indonesia meskipun sama-sama negara berkembang, kedua negara ini tetap memiliki perbedaan. Ada beberapa perbedaan yang menimbulkan permasalahan dalam bisnis ini. Untuk mewujudkan kerjasama bisnis yang baik, maka ada beberapa hal yang harus disesuaikan, diperhatikan dan diterapkan yaitu tentang etika dan tanggung jawab sosial. Karena kedua negara tersebut memiliki banyak sekali perbedaan, mulai dari lingkungan budaya, lingkungan politik dan hukum, agama, bagaimana kebiasaan masyarakat, dan juga norma-norma yang ada dan berlaku di negara tersebut, dll.

    Rekomendasi :
    Diperlukan penyesuaian oleh para manajer Cemex. Terutama penyesuaian pada lingkungan. Peran dari lingkungan tersebut dalam bisnis internasional
    adalah membentuk sebuah etika dan tangung jawab sosial yang nantinya akan diterapkan oleh pihak-pihak yang berkecimpung didalamnya. Hal ini akan menjadi perhatian organisasi-organisasi internasional yang berfokus pada bidangnya masing-masing.

    BalasHapus
  37. Nama : Agung Darmawan
    Nim :20106620182

    Menurut saya salah satu masalahnya terdapat dalam perbedaan lingkungan/budaya antara meksiko dan indonesia , juga perbedaan hukum antar kedua negara.
    pt. Cemex harusnya bisa menyesuaikan hukum yang ada di indonesia dan ada juga perbedaan penggunaan teknologi dan SDM nya.

    Menurut saya rekomendasi yang cocok untuk masalah pt. Cemex adalah adaptasi dan penyesuaian terhadap perbedaan antara kedua negara baik lingkungan budaya, hukum maupun teknologi dan SDM akan tetapi tetap menjalankan prinsip utama mereka tanpa mengurangi kinerja kedua belah pihak.

    BalasHapus
  38. Nama : Defie Nilasari
    NIM : 20106620097
    MANAJEMEN A
    permasalahan yang dihadapi pt. cemex adalah terdapat perbedaan lingkungan, karakteristik budaya, hukum, dan kualitas SDM dengan yang ada di Indonesia.
    rekomendasi saya yang cocok adalah dengan segera melakukan adaptasi mengenai perbedaan-perbedaan tersebut, sehingga tidak ada jarak pemisah antara cemex dan semen gresik agar kerjasama antar kedua belah pihak tetap terjain dengan baik. dan jangan sampai ada yang membeda-bedakan satu sama lainnya, menjadikan perbedaan sebagai kekuatan untuk mempererat kerja sama dan saling melengkapi kekurangan masing-masing pihak.

    BalasHapus
  39. Nama : Oriza Sativa Berliana Putri
    NIM : 20106620155
    MANAGEMEN KARYAWAN B

    Prinsip - prinsip yang dibuat " Cemex " itu sudah bagus . Tujuannya pun juga baik untuk negara asal nya dan negara yang bekerja sama dengan " Cemex " . Perusahaan itu juga memikirkan kenyamanan pelanggan ataupun pekerja mereka.

    BalasHapus
  40. Nama : At Alla Naufal
    Nim : 20106620188

    Dalam kasus tersebut permasalahannya adalah adanya perbedaan lingkungan budaya yang dimiliki Meksiko (Camex) dan Indonesia (Semen Gresik), rekomendasinya adalah Camex harus mampu memodifikasi perilakunya di Indonesia agar sesuai dengan budaya Indonesia. Permasalahan berikutnya adalah teknologi. Tujuan semen gresik adalah memproduksi,memperdayakan semen yang berorientasi pada kepuasan konsumen dengan menggunakan teknologi yang ramah lingkungan. Namun kadangkala mereka bekerja dengan teknologi terbatas. Rekomendasi untuk memajukan perusahaan harus mempersiapkan teknologi apa yang diperlukan perusahaan dan melatih karyawan agar dapat menguasai teknologi tersebut.
    Permasalahan yang ke 3 yaitu etika dan tanggung jawab sosial. Prinsip Camex mencakup pelayanan pelanggan,memberdayakan orang,berfikir strategis,efiesiensi operasi dan berpandangan global. Rekomendasinya perusahaan membuat aturan tentang menjaga etika dan menekankan kepada para manajer atau atasan untuk menjadi contoh bagi karyawan dalam menjalankan etika moral. Selain itu perusahaan mengadakan CSR yang dijadikan kegiatan rutin.

    BalasHapus
  41. Nama : Sevira Agustin Aryadi
    NIM : 2010663019

    permasalahan yang terjadi pada kasus tersebut adanya perbedaan karakteristik mayoritas agama katolik dan islam meskipun memili kesamaan sebagai negara berkembang ini juga menjadi kendala karena memiliki alat yang terbatas, ini yang membuat para manajemen pt cemex sulit untuk beradaptasi dengan cepat di indonesia sehingga bisa membuat sistem kerja yang kurang maksimal.
    Oleh karena itu , seharusnya kedua negara melakukan komunikasi yanng baik selama manajer maupun dengan para masyarakat untuk memenuhi apa yang dibutuhkan kkonsumen dan pasar.

    BalasHapus
  42. Nama : Dean Ayu Fitriani
    NIM : 20106620148
    MANAJEMEN A

    permasalahan yang dihadapi pt. cemex merupakan masalah yang terdapat dalam perbedaan lingkungan, karakteristik budaya, hukum, dan kualitas SDM dengan yang ada di Indonesia.
    saran saya agar hal itu dapat terkendali adalah dengan cara segera melakukan adaptasi mengenai perbedaan-perbedaan tersebut, sehingga jarak antara cemex dan semen gresik untuk melakuka kerjasama antar kedua belah pihak tetap berjalan dengan baik, dan diharapkan juga jangan sampai ada pihak yang membeda-bedakan satu sama lainnya, sehingga dapat menjadikan perbedaan sebagai kekuatan untuk mempererat kerja sama dan saling melengkapi kekurangan masing-masing pihak.

    BalasHapus
  43. Nama: Avienda Rachmasari
    NIM: 20106620095
    Kelas: Manajemen B 2020

    Menurut saya, yang menjadi permasalahan pada kasus diatas adalah bahwa adanya perbedaan budaya atau culture-shock yang dimiliki antara pihak Mexico (Cemex) dan pihak Indonesia (Semen Gresik), sehingga tidak mudah bagi para stakeholders untuk mencapai pendekatan dan penyesuaian.
    Dalam kasus ini ada 3 point yang menjadi fokus permasalahan, yaitu:
    1. Pada lingkungan budaya: Cemex memang harus mampu untuk memodifikasi dan menyesuaikan perilakunya di Indonesia.
    2. Pada lingkungan teknologi: siapkan dengan matang teknologi apa saja yang dibutuhkan perusahaan, dan bagaimana membentuk para karyawannya agar bisa menguasai teknologi.
    3. Pada etika dan tanggung jawab sosial: Cemex harus menekankan pada pejabat perusahaan agar menjadi contoh yang baik bagi para karyawannya dalam menjalani etika moral tersebut (Prinsip yang mencakup peningkatan layanan pelanggan, berpikiran strategis, bersemangat untuk belajar dll). Lalu perusahaan bisa mengadakan CSR yang dijadikan agenda wajib.

    BalasHapus
  44. Nama : nur aziz syaifudin
    Nim : 201096620099

    Menurut saya bukan masalah besar bagi perusahaan sebesar cemex , semua itu cuma butuh proses adaptasi diri dan lingkungan untuk menciptakan suasana kerja yg di inginkan, selain itu SDA yang ada di indonesia juga sudah termasuk kompeten jika ada pelatihan dan pendidikan sebelumnya.

    BalasHapus
  45. Perusahaan atau bisnis juga diharapkan bisa menangani berbagai program eksternal terkait tanggung jawab di luar aktivitas bisnis mereka. Tanggung Jawab Sosial bisa dibilang termasuk dalam Teori Etika. aktivitas individu atau kelompok bisnis harus menguntungkan seluruh masyarakat.
    Dengan cara ini, harus ada keseimbangan antara pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat dan lingkungan sekitar. Jika keseimbangan ini dipertahankan, maka Tanggung Jawab Sosial bisa dibilang telah tercapai. Etika menjadi titik sentral dalam setiap kegiatan bisnis yang berskala global karena bisnis tidak cukup dijalankan berdasarkan transaksi yang diikat oleh kontrak-kontrak formal dan legal saja, tetapi juga perlu dilandasi oleh rasa saling percaya di antara pihak-pihak yang terlibat di dalam proses transaksi tersebut.

    BalasHapus
  46. Nama : wahyu ramadhan
    Nim : 20106620140

    Perusahaan atau bisnis juga diharapkan bisa menangani berbagai program eksternal terkait tanggung jawab di luar aktivitas bisnis mereka. Tanggung Jawab Sosial bisa dibilang termasuk dalam Teori Etika. aktivitas individu atau kelompok bisnis harus menguntungkan seluruh masyarakat.
    Dengan cara ini, harus ada keseimbangan antara pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat dan lingkungan sekitar. Jika keseimbangan ini dipertahankan, maka Tanggung Jawab Sosial bisa dibilang telah tercapai. Etika menjadi titik sentral dalam setiap kegiatan bisnis yang berskala global karena bisnis tidak cukup dijalankan berdasarkan transaksi yang diikat oleh kontrak-kontrak formal dan legal saja, tetapi juga perlu dilandasi oleh rasa saling percaya di antara pihak-pihak yang terlibat di dalam proses transaksi tersebut.

    BalasHapus
  47. Nama : Ali Ngusman
    Nim : 20106620098

    Permasalahan yang mendasar adalah perbedaan budaya yang sangat mencolok dari kedua negara, juga karakteristik konsumen yang sangat berbeda, penting bagi perusahaan cemex untuk melakukan observasi secara intens untuk bisa beradaptasi dengan budaya konsumen di Indonesia, dan juga penting bagi perusahaan semen gresik untuk menggandeng perusahaan cemex supaya produk yang dihasilkan lebih bagus lagi dan menambah daya beli konsumen

    BalasHapus
  48. Nama : Firmansyah Nur Ahmad
    NIM : 20106620181

    Permasalahan pada kasus diatas :
    Para manajer Cemex belum cukup beradaptasi (penyesuaian diri) dengan perbedaan lingkungan, yang membuat pendekatan yang diperlukan agar orang Meksiko dan Indonesia bekerja sama dengan san manager sendiri belum tercapai.

    Rekomendasi penyelesaian :
    Para manajer Cemex segera beradaptasi terhadap perbedaan lingkungan, budaya, hukum, dll di kedua negara, dan memulai untuk menjalin kerjasama dengan kedua negara.

    BalasHapus
  49. nama : veina arzika fatya
    nim : 20106620018

    BalasHapus
  50. permasalahanya adanya bbrapa kesamaan antara meksiko & indonesia & tdk mudak melakukan pnyesuaian dan cara pendekatanya
    rekomendasi harus mnjalin hubungan kerjasama dan komunikasi yang baik

    BalasHapus
  51. Nama : Innayah Al_Fitri Yeni
    NIM : 20106620200

    Permasalahan yang dihadapi Raymundo Gonzales sebagai manajer perdagangan internasional yang mewajibkannya untuk bekerja di luar negeri utamanya Semen Gresik, Indonesia adalah perbedaan budaya dan bahasa. Perbedaan bahasa mampu diatasi melalui program/kursus bahasa Inggris-Indonesia yang semestinya diikuti Raymundo Gonzales sebelum program penempatan kerja sehingga ketika berada di Indonesia dia lancar berkomunikasi dengan pegawai Indonesia, di sisi lain pegawai Indonesia yang secara langsung bekerja dengan Raymundo Gonzales perlu memiliki kemampuan bahasa Inggris yang memadai. Sedangkan permasalahan budaya dapat berjalan seiring waktu ketika Reymundo Gonzales telah bekerja di Indonesia atau untuk mengantisipasi culture shock berlebih pemberian pemahaman tentang kebiasaan dan kebudayaan Indonesia dapat diberikan melalui kelas budaya maupun sharing session dengan para senior perusahaan Cemex di Meksiko yang memiliki riwayat penempatan kerja di Indonesia. Solusi lainnya yaitu perekrutan posisi sebagai sekretaris/asisten untuk Reymundo Gonzales selama beberapa bulan awal penempatan kerja yang bertujuan untuk membantunya beradaptasi dengan lingkungan kerja dan budaya baru.

    BalasHapus
  52. Nama : Yuliana Lathifatun Nada
    NIM : 20106620082
    Kelas : Manajemen A

    Permasalahan yang dihadapi perusahaan tersebut adalah adanya perbedaan budaya atau culture-shock yang dimiliki antara pihak Mexico (Cemex) dan pihak Indonesia (Semen Gresik), sehingga tidak mudah bagi para stakeholders untuk mencapai pendekatan dan penyesuaian.
    Menurut saya rekomendasi yang tepat untuk perusahaan tersebut adalah melakukan penyesuain terhadap perbedaan antara kedua negara baik lingkungan budaya, hukum maupun teknologi dan SDM. Tetapi tetap menjalankan prinsip utama mereka tanpa mengurangi kinerja kedua belah pihak. Peran dari lingkungan tersebut dalam bisnis internasional
    adalah membentuk sebuah etika dan tangung jawab sosial yang nantinya akan diterapkan oleh pihak-pihak yang berpartisipasi didalamnya. Hal ini akan menjadi perhatian dari organisasi internasional yang berfokus pada bidangnya masing-masing.

    BalasHapus
  53. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  54. Nama : Rima Ayu Septiani
    Nim : 20106620003
    Kelas : Manajemen C Non regular

    Permasalahan dan Tindakan penyelesaian yang terjadi didalam kasus tersebut adalah

    1. Penyesuaian yang membutuhkan waktu oleh para manager PT camex dengan perbedaan lingkungan budaya yang ada yaitu meksiko dan Indonesia

    - Untuk menyiasati keadaan ini harus beradaptasi dan menerapkan prinsip bahwa budaya didunia memanglah tidak bisa diseragamkan. Banyak perbedaan yang bisa menimbulkan beda argument ataupun perselisihan. Oleh karena itu para manajer import haruslah dapat mengendalikan sikap dan menghargai serta mengakui dialah yang berposisi sebagai “tamu” sehingga mau tidak mau harus menyesuaikan budaya yang yang ada diindonesia dengan rasa penuh toleransi dan tetap menjaga jati dirinya juga. Menjalin banyak komunikasi dan Kerjasama dengan masyarakat sekitar adalah solusi awal yang sangat baik diterapkan. Majemen lintas budaya akan sangat membantu pada kasus ini, selain itu manajemen lintas budaya bertujuan agar dapat saling mengerti satu sama lain, agar kinerja dari masing–masing elemen itu sendiri dapat maksimal. manajer dari meksiko tersebut juga dapat menrekrut tangan kanan ataupun asisten dari indonesia ataupun seseorang yang paham akan culture indonesia sehingga nantinya akan sngat membantunya dalam proses adaptasi lingkungan sekitar

    2. Perbedaan teknologi produksi meksiko dan Indonesia yang cukup menyulitkan

    - Untuk kesenjangan teknologi yang ada, dapat dilakukan pengimporan dulu alat alat yang sangat dibutuhkan untuk memaksimalkan produksi yang ada. Disertakan juga para ahli teknologi tesebut, yang selanjutnya memberikan edukasi pada SDM Indonesia sendiri mengenai pemaikan yang efektif dari teknologi tsb. Sehingga pada masa selajutnya indonesi mempunyai sdm dan teknologi yang unggul secara mandiri dan tidak bergantung pada perusahaan atas. Dengan memproduksi dan menggunakan sdm yang berkualitas dari negeri sendiri tentunya akan meningkatkan perekonomian dan meningkatkan citra bangsa sendiri walaupun dibawah lisensi perusahaan asing.

    3. Bagaimana pendekatan yang diperlukan agar orang Meksiko dan Indonesia dapat bekerjasama dengan sang manajer?

    - Karyawan dengan berbagai latar belakang yang berbeda berkumpul dalam satu lingkungan kerja sebagai roda penggerak perusahaan. Karena perusahaan bisa melihat berbagai sudut pandang yang berbeda. Cara untuk menyelaraska berbagai perbedaan yng ada dapat dilakukan dengan cara
    a. Selalu menjaga komunikasi yang baik secara dua arah
    b. Menerapkan sikap toleransi akan keberagaman yng ada
    c. Sering melalukan evalusi terhadap kegiatan yang berlangsung
    d. Menghargai semua perbedaan yang ada
    e. Bersikap adil dan perlakuan yang samarata antar semua karyawan

    BalasHapus
  55. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  56. NAMA : SHELLY ELYSA PUTRI
    NIM : 20106620143
    KELAS : MANAJEMEN B

    permasalahan kasus diatas ialah adanya perbedaan karakteristik budaya ,geografis antara meksiko dan indonesia. Dimana perbedaan itu menyulitkan manajer untuk menyesuaikan diri dengan cepat ditempat baru. Bukan hanya itu saja,perbedaan negara juga menjadi masalah karena otomatis juga ada perbedaan bahasa ,dan karakter lain lain sehingga menyulitkan manajer untuk melakukan pendekatan dengan orang meksiko dan Indonesia agar dapat bekerja sama dengan manajer.
    Rekomendasi :
    rekomendasi saya terhadap masalah tersebut adalah sebagai seorang manajer kita harus mempelajari, memahani,dan mencari informasi tentang tempat yg akan dikunjungi untuk mengadakan kerjasama dari segi apapun agar kerjasama dpat berjalan lancar. Sebab perbedaan yang mendasar antara mengelola dalam lingkungan nasional dan lingkungan global adalah terletak pada penyesuaian dan keharusan untuk menerima perbedaan dari negara asing

    BalasHapus
  57. Nama : Adelia Sertha Laura
    NIM : 20106620135
    Kelas : Manajemen B

    Menurut pendapat saya dalam kasus tersebut permasalahannya adalah adanya perbedaan lingkungan budaya yang dimiliki Camex (Meksiko) dan Semen Gresik (Indonรฉsia), rekomendasinya adalah Camex harus mampu menyesuaikan perilakunya di Indonesia agar sesuai dengan budaya Indonesia. Permasalahan berikutnya adalah tentang teknologi. Tujuan semen gresik adalah memproduksi,memberdayakan semen yang berorientasi pada kepuasan konsumen dengan menggunakan teknologi yang ramah lingkungan. Namun kadang kala mereka bekerja dengan teknologi yang terbatas. Rekomendasi untuk memajukan perusahaan harus mempersiapkan teknologi apa yang diperlukan perusahaan dan melatih karyawan agar dapat menguasai teknologi tersebut. Selanjutnya adalah permasalahan tentang etika dan tanggung jawab sosial. Prinsip Camex mencakup pelayanan pelanggan,memberdayakan orang, berpikir strategis, efisiensi operasi dan berpandangan global. Rekomendasinya perusahaan membuat aturan tentang menjaga etika dan menekankan kepada para manajer atau atasan untuk menjadi contoh bagi karyawan dalam menjalankan etika moral. Pada kasus ini dapat kita ketahui bahwa para manajer cemex kurang beradaptasi dengan perbedaan budaya ( Culture shock ) antara Meksiko dengan Indonesia untuk menyikapi permasalahan tersebut para manajer cemex harus bisa mencari cara terbaik untuk meminimalisir dan mengatasi culture shock adalah dengan membaca dan mencari informasi mengenai budaya negara yang akan ditempati. Ataupun bertanya kepada orang yang sudah pernah berkunjung atau tinggal di negara tersebut. Mereka juga harus selalu berpikiran terbuka supaya jika ada sedikit kesalahpahaman maka tidak akan menimbulkan suatu masalah yang fatal. Para manajer juga bisa mencoba menjalin hubungan baik dengan penduduk sekitar. Mereka akan dengan senang hati memperkenalkan dan mengajari kita tentang banyak hal baru.

    BalasHapus
  58. PERMASALAHAN

    Tetapi perbedaannya tampaknya jauh lebih besar.

    Sebagai contoh, karakteristik budaya kedua negara itu sangat berbeda. Mayoritas agama (Katolik dan Islam), selera musik, dan makanan adalah beberapa perbedaan yang harus dihadapi oleh para manajer Cemex. Tidak mudah bagi para manajer Cemex untuk melakukan penyesuaian segera. Begitu pula bagaimana pendekatan yang diperlukan agar orang Meksiko dan Indonesia dapat bekerjasama dengan sang manajer

    CARA MENGATASI NYA
    Harus saling menyesuaikan dalam artian harus saling toleransi dalam hal agama , budaya, makanan dan musik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama : Ramadan dwi prawira
      NIM. : 20106620203

      Hapus
  59. Nama : Moch. Bintang Thoriq
    Nim : 20106620171

    permasalahan kasus diatas ialah sebagai contoh, karakteristik budaya kedua negara itu sangat berbeda. Mayoritas agama (Katolik dan Islam), selera musik, dan makanan adalah beberapa perbedaan yang harus dihadapi oleh para manajer Cemex. Tidak mudah bagi para manajer Cemex untuk melakukan penyesuaian segera. Begitu pula bagaimana pendekatan yang diperlukan agar orang Meksiko dan Indonesia dapat bekerjasama dengan sang manajer Permasalahan yang terjadi sebenarnya bukan dari faktor internal perusahaan. karena CEMEX sendiri sudah melakukan berbagai metode untuk mengembangkan perusahaan dan memperluas pasar hingga berbagai negara permasalahan yang terjadi pada kasus diatas ialah adanya perbedaan karakteristik budaya antara indonesia dengan meksiko yang membuat para manajemen pt cemex sulit untuk beradaptasi dengan cepat di indonesia sehingga bisa membuat sistem kerja yang kurang maksimal

    BalasHapus
  60. Nama : Imam Khoiri
    NIM : 20106620185

    Kasus :
    Menurut saya permasalahan dari kasus di atas yaitu perbedaan antar negara. Dalam berbisnis tentunya kita ingin mengembangkan perusahaan hingga manca negara. Dalam hal itu tidaklah mudah, karena disetiap negara memiliki karakteristik yang berbeda². Disinilah keahlian berbisnis di uji, melakukan pendekatan dengan satu negara memerlukan strategi yang bisa di terima oleh negara tersebut.

    Penyelesaian :
    Para manajer Cemex segera beradaptasi terhadap perbedaan lingkungan, budaya, hukum, dll di kedua negara, dan memulai untuk menjalin kerjasama dengan kedua negara. Agar nanti kedepanya bisa berkembang dengan pesat. Dan Mencoba cobalah menjalin hubungan kerjasama yang baik dengan masyarakat yang ada. Agar lebih mudah di terima keberadaannya dan memudahkan adaptasi pihak Cemex.

    BalasHapus
  61. Nama : Dandi anggit Kurniawan
    NIM : 20106620156
    Kelas : manajemen B
    Menurut saya, permasalahan yang terjadi pada perbedaan atara kedua negara, yaitu meksiko dan Indonesia sehingga pihak dari pt cemex harus bisa menyelaraskan dengan adat dan buadaya indonesia, Sebisa mungkin pt cemex harus segera menyesuaikan terhadap perbedaan-perbedaan yang ada di lingkungan mereka, berpikir kritis dan sikap toleransi. Bersikap etis sebagai orang baru dan terus melakukan perbaikan dalam hal komunikasi. Tidak dapat dipungkiri bahwa komunikasi memiliki peranan penting dalam hal menjalin kerjasama. Komunikasi yang baik tentu akan mengurangi potensi kesalahpahaman antar kedua belah pihak, dan juga akan menjaga hubungan antar keduanya menjadi sinergi satu sama lain

    BalasHapus
  62. Nama : Rena Meika Anggraeni
    NIM : 20106620028

    Dari kasus tersebut tindakan yang mungkin dapat dilakukan adalah dengan observasi pada masing-masing perusahaan. Perbedaan negara menjadi faktor utama karena pastinya juga terdapat perbedaan pula dalam budaya, kebiasaan, maupun agamanya bisa dijadikan sebagai patokan bagaimana caranya agar kedua negara tersebut bisa bekerja sama. Mungkin juga dengan melakukan observasi mereka dapat menemukan ide baru dalam berkolaborasi dan mencapai kesepakatan bersama apabila mereka juga bisa menjalin hubungan yang baik dengan satu sama lain.

    BalasHapus
  63. Nama : Tiara Amanda Saputri
    NIM : 20106620013
    Kelas : Manajemen (Karyawan A 2020)

    Permasalahan pada kasus diatas yaitu Meskipun ada beberapa persamaan antara Mexico dan Indonesia tetepi perbedaan antara keduanya tampak jauh lebih besar. perbedaan itulah yang mengakibatkan para manajer terhambat dalam penyesuaian segera. Oleh karena itu para manajer harus memiliki komunikasi yang baik antara satu sama lain agar mempermudah dalam beradaptasi. Dan alangkah baiknya jika mereka melakukan pendekatan dengan masyarakat untuk mempermudah pengenalan dan penyesuaian dengan hal baru.

    BalasHapus
  64. Nama: Henik Lestari
    NIM:20106620015
    Menurut saya, permasalahan yang terjadi pada perbedaan atara kedua negara, yaitu meksiko dan Indonesia sehingga pihak dari pt cemex harus bisa menyelaraskan dengan adat dan buadaya indonesia, Sebisa mungkin pt cemex harus segera menyesuaikan terhadap perbedaan-perbedaan yang ada di lingkungan mereka, berpikir kritis dan sikap toleransi. Bersikap etis sebagai orang baru dan terus melakukan perbaikan dalam hal komunikasi. Oleh karena itu para manajer harus memiliki komunikasi yang baik antara satu sama lain agar mempermudah dalam beradaptasi. Dan alangkah baiknya jika mereka melakukan pendekatan dengan masyarakat untuk mempermudah pengenalan dan penyesuaian dengan hal baru.

    BalasHapus
  65. Nama: Tegar Aditya Pratama
    NIM: 20106620142

    Permasalahan pada artikel tersebut adalah; perbedaan latar belakang budaya dan gaya hidup masyarakat yang ada di Asia, lebih tepatnya Indonesia, dan di Meksiko. Lingkungan sosial budaya yang berbeda dan selera konsumen yang bermacam-macam menyebabkan manajer perusahaan harus mampu beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar. Juga hal tersebut berdampak pada penjualan dan promosi produk yang akan dipasarkan

    BalasHapus
  66. Nama:NILAM DWI PUSPITASARI
    Nim:20106620116
    Manajemen Karyawan B

    Permasalahan yang dihadapi sang manajer adalah sulitnya melakukan penyesuaian antara negara satu dengan negara lainnya, dalam hal ini terdapat perbedaan karakteristik negara antara Indonesia dan Meksiko. Tentunya hal ini akan mempengaruhi dalam pengembangan perusahaan Cemex terutama dalam hal produksi. Sulitnya mengembangkan perusahaannya diwilayah negara berkembang seperti Indonesia harus segera dicari solusinya agar tidak menghambat perkembangan perusahaan tersebut. Menjalin persahabatan baik dengan negara lain mungkin bisa menjadi solusi yang paling mudah dilakukan serta melakukan kerja sama baik segi hal apapun.

    BalasHapus
  67. Nama : Rani kartika sari
    Nim : 20106620074
    Kelas : Karyawan A

    * Permasalahan menurut saya dalam artikel tersebut adalah : perbedaan kultur dari kedua negara yang berbeda, karakteristik budaya yang berbeda, mayoritas agama, adat istiadat dan kebiasaan yang berbeda. Yang membuat para manajer cemex memerlukan penyesuaian agar dapat bekerjasama dengan orang Indonesia secara baik.

    Menurut saya yang dapat dilakukan adalah :
    1. Dengan sering mengadakan survei atau sebuah perkumpulan dengan masyarakat sekitar agar tercipta sebuah interaksi yang bisa membuat kita mempelajari dengan cepat karakteristik masyarakat Indonesia.
    2. Selalu berpikiran terbuka karena perbedaan perdapat pasti akan sering terjadi. Dan harus menerima semua kritik dan saran dengan lapang dada karena dari hal ini yang dapat mengubah kita menjadi yang lebih baik.
    3. Bisa juga dengan menunjuk salah satu perwakilan orang Indonesia sebagai yang dipercayai atau kaki tangan, perwakilan orang Indonesia ditugaskan untuk menampung pendapat orang Indonesia dan menyampaikan aspirasi tersebut yang akan diteruskan kepada manajer. Hal ini menurut saya bisa membantu manajer supaya jika ada suatu problem bisa didiskusikan oleh perwakilan Indonesia agar mendapatkan solusi terbaik yang bisa diterima oleh kedua belah pihak sehingga dapat tercipta lingkungan kerja yang nyaman, menyenangkan sehingga dapat bekerja sama dengan baik.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

TRINING NEED ANALYSIS (TNA) - Studi kasus di SimpleFit.id

Simple Fit Konveksi A.   Latar Belakang 1.                   Profil Perusahaan Simple fit konveksi adalah sebuah Usaha Kecil Menengah (UKM) yang bergerak dibidang usaha produksi celana dalam. Awalnya Simple Fit Konveksi memproduksi celana dalam pria. Namun, seiring perkembangan pasar kegiatan produksi disesuaikan dengan kebutuhan dari konsumen secara umum. Simple Fit Konveksi cenderung memproduksi pakaian kaos dan training. Nilai pesanan rata-rata untuk periode 2016-2018 adalah sebesar Rp. 250.000.000,-/bulan dengan modal awal sebesar Rp 50.000.000,-. Prospek pengembangan usaha konveksi sangat menjanjikan mengingat pakaian adalah kebutuhan primer (sandang) selain makanan (pangan), dan perumahan (papan). Kebutuhan akan ini mutlak dan harus dipenuhi mengingat sangat diperlukan untuk kelangsungan hidup. Selain itu,pangsa pasar yang sangat luas, trend dan mode yang sangat dinamis dan mengikuti perkembangan jaman. Rencana Pengembangan Usaha: a.          Promosi b.         P

Pengantar Bisnis Internasional

Perdagangan internasional dan investasi telah meningkat drastis selama bertahun-tahun. Perusahaan multinasional besar telah memegang seluruh dunia, dari Amerika Utara ke Eropa untuk Pasifik Rim ke Afrika. Beberapa saham yang menemukan bahwa mereka harus mencari pasar internasional untuk bertahan di masa depan. Internasionalisasi dari hampir semua usaha telah tiba. Internasional kegiatan ekonomi yang terjadi di sebagian besar triad dari Amerika Utara, Eropa, dan Pasifik rim. Di Amerika Utara, Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko memiliki NAFTA yang beralih menjadi satu wilayah pasar raksasa. Di Amerika Selatan, terdapat peningkatan jumlah perdagangan antar negara, menyulut berbagai macam oleh orang lain seperti Chili telah diproyeksikan untuk dapat bagian dari NAFTA. Di Eropa di 15 negara Uni Eropa merupakan kekuatan ekonomi. Walaupun mengalami masalah ekonomi dan ketidakpastian seperti sisa dari dunia. Asia adalah wilayah kekuasaan besar lain, seperti yang ditunjukkan tidak hanya oleh