NAMA  : DANANG EKO WIDYANTO

NIM      :  19104410027 

KELAS :  TI-B2

Keripik Jamal

Keripik Jamal Keripik Ketela pilihan


Ketela pohon, ubi kayu atau singkong (Manihot utilissima) adalah perdu tahunan tropika dan sub tropika dari suku Euphorbiaceae. Umbinya dikenal luas sebagai bahan makanan pokok penghasil karbohidrat dan daunnya sebagai sayuran. Budidaya singkong ini sudah dikenal luas oleh masyarakat dan ditanam di pekarangan, tegalan maupun sawah tadah hujan pada awal musim penghujan atau pada awal musim kemarau. Dengan adanya ketersediaan panen singkong yang melimpah pada saat panen raya maka harga singkong biasanya jatuh. Untuk menambah nilai harga jual pada produk singkong diperlukan satu alternatif pengolahan yang mampu meningkatkan nilai harga jual dan kandungan gizinya. Alternatif olahan yang bisa dijadikan pilihan adalah camilan keripik singkong aneka rasa.     

Keripik singkong adalah makanan yang terbuat dari singkong yang diiris tipis kemudian digoreng dengan menggunakan minyak goreng. Biasanya rasanya adalah asin dengan aroma bawang yang gurih. Keripik singkong merupakan camilan yang disukai oleh berbagai kalangan, baik anak-anak maupun orang dewasa. Usaha pembuatan keripik singkong ini memiliki lebih banyak kelebihan daripada usaha lain. Kelebihan itu antara lain segi modal terjangkau, usaha mudah dijalankan, bahan baku mudah diperoleh, dan tidak memerlukan tempat yang khusus. Saat ini keripik singkong menjadi salah satu bisnis camilan hits yang popular dan menguntungkan. Tingginya tingkat konsumsi masyarakat akan camilan berupa keripik yang terbuat dari bahan baku singkong maupun buah dapat dijadikan sebagai target pasar yang cukup potensial. Rasa gurih bercampur  manis dari keripik singkong merupakan daya tarik tersendiri bagi konsumen. Camilan keripik dari olahan singkong menjadi primadona penikmat kuliner. Selain rasanya yang gurih manis khas, keripik singkong ini juga bisa dinikmati dengan berbagai varian/ aneka rasa. Varian rasa itu antara lain balado, jagung manis dan sapi panggang. Permintaan keripik singkong sebagai camilan di sekitar lingkungan dan di berbagai tempat kian melonjak pada saat hari raya atau liburan. Sehingga usaha ini akan menjadi peluang usaha yang tetap menguntungkan.

     Hampir semua masyarakat menyukai camilan keripik singkong. Untuk mencari konsumen dari usaha ini pun tidak sulit. Banyak warung kelontong, restoran/ rumah makan, pusat oleh-oleh dan bahkan pedagang asongan yang menjual camilan keripik singkong sebagai usaha mereka. Dengan adanya kenyataan di lapangan tersebut tentunya sangat mendukung untuk memulai usaha pembuatan keripik singkong aneka rasa karena bisnis tersebut sangat menjanjikan untuk mendapatkan pendapatan yang cukup sehingga mampu menggerakkan ekonomi keluarga yang notabene usaha ini merupakan usaha skala mikro. Selain itu, pengembangan bisnis keripik singkong aneka rasa sendiri tidak hanya bermanfaat bagi pemroduksi tetapi juga sektor usaha lain misalnya pedagang dan penanam singkong.

Melihat realita dan prospek usaha keripik singkong aneka rasa cukup cerah dan terbuka lebar maka usaha ini patut dikembangkan sebagai salah satu usaha pengolahan singkong menjadi camilan yang banyak disukai kalangan dan bisa meningkatkan pendapatan


IG : jamal_kripik  (https://www.instagram.com/jamal_kripik/)