Langsung ke konten utama

Persewaan Kamera DV, bisnis yang menjanjikan di era globalisasi.

Oleh : Devid Zukhomsin

Persewaan Kamera DV adalah jasa yang menyewakan produk berupa kamera dan perlengkapan lainnya dengan tarif yang lebih murah dari pesaing persewaan kamera yang sudah ada di kota Blitar, selain itu penyewa dapat menyewa kamera dan perlengkapan lainnya dengan jangka waktu yang lebih singkat. Barang yang akan disewakan adalah kamera, lensa, Yicam, tripot dan perlengkapan lainnya. Setiap ingin menyewa barang diharuskan meninggalkan KTP untuk sebuah jaminan.

Vision : Visi perusahaan kami adalah menyediakan jasa penyewaan peralatan fotografi yang lengkap dan terbesar didaerah saya. Misinya adalah menjadi tujuan utama para penggemar fotografi untuk menyewa peralatan fotografi, memberikan pelayanan yang baik terhadap pelanggan, menyediakan peralatan yang berkualitas dan up to date.

Customer Segments : Segmen pasar yang akan dituju oleh persewaan kamera DV. Berdasarkan survey peneliti hasilnya adalah secara geografis adalah masyarakat Blitar, secara psikografis adalah masyarakat yang mempunyai hobi fotografi dan traveling, secara demografis ditinjau dari usia 16-25 tahun dan berjenis kelamin pria wanita sama saja.

Value Preposition :  Jauh Lebih Ekonomis Daripada membeli sebuah kamera dengan harga sangat mahal namun jarang digunakan, bagi pemburu foto musiman biasanya lebih memilih untuk menyewa kamera, Praktis dan Aman Kamera didesain dengan teknologi canggih yang mampu menahan debu maupun air. Dibandingkan menggunakan ponsel yang sangat rentan dengan debu maupun air. Tidak Perlu Mengeluarkan Biaya Perawatan Karena menggunakan sistem sewa, maka biaya perawatan dan maintenance dibebankan pada si pemilik kamera. 

Channels: Media yang saya gunakan untuk mengenalkan jasa ke masyarakat saya menggunakan media social contohnya di instagram, facebook, Wastapp, dll. Dunia yang semakin berkembang sangat mendukung bisnis saya untuk semakin dikenal oleh masyarakat. Selain itu, cara promosi rental kamera berikutnya adalah dengan mendekati pasar yang tepat untuk bisnis Anda. Tentu akan sangat menguntungkan kalau seandainya anda bisa membaca situasi dan kondisi dengan baik, karena ketika anda memahami, sangatlah mudah untuk menindak dan tahu harus berlaku. Misalnya target pasar anda adalah mahasiswa, carilah kenalan seorang mahasiswa yang memang aktif di kampusnya dan mempunyai banyak teman, atau anda bisa membuka sebuah toko sewa kamera di sekitar lingkungan kampus yang anda inginkan. Pastilah begitu banyak acara yang diadakan di kampus – kampus, anda bisa memanfaatkannya.

Customer Relationships: menjalin hubungan baik dengan semua orang ketika saya sudah mendapatkan banyak konsumen, saya akan menjaga hubungan tetap baik dengan semua orang. Pastikan saya sudah tahu bahwa banyak sekali orang – orang menggeluti bisnis yang sama dengan saya. Selalu berikan kepuasan, dan tentunya bisnis saya akan di promosikan kepada orang – orang di sekitarnya. Saya akan mendapatkan keuntungan dari hubungan yang baik dengan beberapa konsumen pertama.

Revenue Stream : Laba diperoleh dari penyewaan pada konsumen itu sendiri. harga barang yang disewa ditentukan berdasarkan barang yang paling sering disewa berdasarkan survey ke pesaing persewaan kamera yang sudah ada di kota Blitar.  

Key Resources : Sumber daya yang saya miliki yaitu Man (Manusia), Money (Uang), Material (Fisik), Machine (Tekonologi) Metode kerja sangat dibutuhkan agar mekanisme kerja berjalan efektif dan efisien. Metode kerja yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, baik yang menyangkut proses produksi maupun administrasi tidak terjadi begitu saja melainkan memerlukan waktu yang lama.

Key Activities : Aktifitas yang ada pada perusahaan saya adalah memberikan pelayanan yang memuaskan pada pelanggan, dengan bersikap sopan pada saat melayani pelanggan itu sendiri. Ketika ada konsumen yang ingin jasa fotografer kita juga bias melayaninya dengan baik.

Key Partner : orang yang terlibat pada bisnis saya ini adalah saya sendiri dan kurir pengantar kamera jika ada yang ingin sewa kamera dengan system diantar ketempat yang diinginkan konsumen dengan ketentuan-ketentuan yang ada.

Cost Structure : biaya-biaya yang biasa saya keluarkan yaitu biaya servis kamera itu sendiri seperti rutin membersihkan jamur yang ada pada lensa kamera itu, biaya bensin untuk kurir pengantar kamera, biaya kamera rusak atau bagian kamera ada yang hilang biasanya ditanggung oleh konsumen karena ada ketentuan tersendiri jika menghilangkan atau merusak bagian pada lensa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Studi kasus : Tanggung jawab Perusahaan Internasional dan etika bisnis

Perusahaan Cemex, adalah produsen semen ketiga terbesar di dunia dan telah menjadi unggul di pasar global dengan secara terus-menerus bekerja untuk meningkatkan layanan yang diberikan kepada para pelanggannya, dimana pun mereka berada. Cemex (www.cemex.com), berpusat di Monterrey, Meksiko, mengikuti prinsip-prnsip tertentu yang diyakini membuat “Cemex” menjadi berbeda”.  Prinsip itu mencakup peningkatan layanan pelanggan, teknologi yang berfokus pada pelanggan, efisiensi operasi, pengembangan manajemen, efisiensi ekologi, memberdayakan orang-orang, kepemimpinan pasar, berpikiran strategis, bersemangat untuk belajar, dan berpandangan global. Cemex yakin bahwa untuk berhasil dalam lingkungan global yang ketat persaingannya, manajer memerlukan sudut pandang yang multi budaya.  Perusahaan itu telah melaksanakan beberapa inisiatif yang mencangkup program pendidikan yang mendorong komunikasi yang efektif dan penyatuan kantor-kantor Cemex di seluruh dunia, program ekspatriat yang melalui prog

TRINING NEED ANALYSIS (TNA) - Studi kasus di SimpleFit.id

Simple Fit Konveksi A.   Latar Belakang 1.                   Profil Perusahaan Simple fit konveksi adalah sebuah Usaha Kecil Menengah (UKM) yang bergerak dibidang usaha produksi celana dalam. Awalnya Simple Fit Konveksi memproduksi celana dalam pria. Namun, seiring perkembangan pasar kegiatan produksi disesuaikan dengan kebutuhan dari konsumen secara umum. Simple Fit Konveksi cenderung memproduksi pakaian kaos dan training. Nilai pesanan rata-rata untuk periode 2016-2018 adalah sebesar Rp. 250.000.000,-/bulan dengan modal awal sebesar Rp 50.000.000,-. Prospek pengembangan usaha konveksi sangat menjanjikan mengingat pakaian adalah kebutuhan primer (sandang) selain makanan (pangan), dan perumahan (papan). Kebutuhan akan ini mutlak dan harus dipenuhi mengingat sangat diperlukan untuk kelangsungan hidup. Selain itu,pangsa pasar yang sangat luas, trend dan mode yang sangat dinamis dan mengikuti perkembangan jaman. Rencana Pengembangan Usaha: a.          Promosi b.         P

Pengantar Bisnis Internasional

Perdagangan internasional dan investasi telah meningkat drastis selama bertahun-tahun. Perusahaan multinasional besar telah memegang seluruh dunia, dari Amerika Utara ke Eropa untuk Pasifik Rim ke Afrika. Beberapa saham yang menemukan bahwa mereka harus mencari pasar internasional untuk bertahan di masa depan. Internasionalisasi dari hampir semua usaha telah tiba. Internasional kegiatan ekonomi yang terjadi di sebagian besar triad dari Amerika Utara, Eropa, dan Pasifik rim. Di Amerika Utara, Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko memiliki NAFTA yang beralih menjadi satu wilayah pasar raksasa. Di Amerika Selatan, terdapat peningkatan jumlah perdagangan antar negara, menyulut berbagai macam oleh orang lain seperti Chili telah diproyeksikan untuk dapat bagian dari NAFTA. Di Eropa di 15 negara Uni Eropa merupakan kekuatan ekonomi. Walaupun mengalami masalah ekonomi dan ketidakpastian seperti sisa dari dunia. Asia adalah wilayah kekuasaan besar lain, seperti yang ditunjukkan tidak hanya oleh