Sistem Moneter dan Kerja Sama Antar Negara

Sistem Moneter Internasional

Sistem moneter internasional yang absolut di dunia saat ini tidaklah ada. Setiap negara memiliki sistemnya sendiri. Kebanyakan orang tidak mengerti bagaimana tidak biasanya (unusual) sistem ini. Selama ribuan tahun negara-negara telah mematok mata uang mereka terhadap salah satu logam mulia (emas atau perak) atau terhadap mata uang lain. Tetapi dalam seperempat abad terakhir sejak sistem moneter internasional (bretton woods) hancur, negara-negara mengadopsi sistem moneternya sendiri, fenomena yang tidak memiliki contoh sejarah dalam kerjasama antar negara yang dikenal sebagai sistem moneter internasional. 


Para ekonom mengetahui bahwa ketergantungan diantara sistem moneter internasional didukung oleh fakta bahwa keseimbangan neraca pembayaran (suatu negara) saling berhubungan satu sama lain. Apabila satu negara memiliki neraca perdagangan yang surplus maka negaranegara lain memiliki neraca perdagangan yang defisit. Jadi suatu negara bergerak menuju surplus atau defisit yang secara otomatis berpengaruh terhadap negara lain. Ini memiliki pengaruh di dalam sistem nilai tukar mata uang. 

Di dalam sebuah dunia dari n negara dengan nmata uang, ada n-1 nilai tukar yang independen. Setiap negara tidak dapat menetapkan nilai tukarnya. Akan ada banyak nilai tukar tetap di antara negara-negara. Ada satu derajat bebas (degree of freedom), yang membiarkan kenaikan terhadap apa yang para ekonom menyebutnya dengan (redundancy problem) masalah kelebihan. Aturan dimana tambahan derajat kebebasan untuk memelihara kestabilan harga, atau dalam kasus standar emas (gold standard) adalah memelihara atau menstabilkan harga emas


Kerja sama Antar negara

Bisnis internasional tidak akan pernah lepas dari kegiatan kerjasama internasional antar negara. Hal ini terjadi karena kegiatan bisnis internasional tanpa adanya kerjasama antar negera akan memiliki banyak hambatan. Kerjasama antar negara ini dapat memperlancar segala macam aktivitas bisnis internasional. kegiatan bisnis internasional bukan saja kegiatan business to business akan tetapi juga harus melibatkan government to government apalagi yang berkaitan dengan kebijakan yang harus diambil oleh pemerintah menyangkut investasi dan lainnya.

Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) adalah sebuah organisasi internasional yang menetapkan aturan untuk perdagangan internasional melalui konsensus di antara negara-negara anggotanya. Hal ini juga menyelesaikan sengketa antara anggota, yang semuanya penandatangan set perjanjian perdagangan. WTO menyatakan bahwa tujuannya adalah untuk meningkatkan perdagangan internasional dengan mempromosikan hambatan perdagangan yang lebih rendah dan menyediakan platform untuk negosiasi perdagangan dan bisnis mere

Integrasi ekonomi regional adalah perjanjian antar negara dalam suatu wilayah geografis untuk mengurangi sampai menghilangkan hambatan tarif dan non tarif atas barang dan jasa serta faktor produksi. 

Tumbuhnya integrasi ekonomi suatu kawasan didorong oleh : 

1. Potensi ekonomi dimaksimalkan sehingga mempunyai daya saing lebih baik. 

2. Potensi politik terutama bagi negara kecil tetapi kaya. 

3. Resolusi konflik. 

Menurut Hill (2014) Uni Eropa adalah bentuk dari dua faktor politik, yaitu kehancuran eropa barat dan keinginan bangsa Eropa untuk mempertahankan panggung politik dan ekonomi mereke sendiri di dunia. Selain itu banyak orang eropa menyadari potensi keuntungan ekonomi dari integrasi ekonomi yang lebih erat dari negaranegara uni eropa. 

Komentar

  1. Sistem moneter dan kerja sama Internasional berhubungan dengan nilai mata uang meskipun setiap negara memiliki mata uang yg berbeda sistem ini menggunakan kurs dan nilai valuta asing. Kerja sama internasional yang terjalin dipengaruhi banyak faktor misal ekonomi, politik, budaya,dll. Praktik kerja sama internasional ditetapkan dengan aturan WTO guna membangun kerja sama internasional yang sehat dan baik

    BalasHapus
  2. Mekanisme penentu kurs
    1. Free float: yang menentukan nilai tukar kurs
    2. Managed fload: peran bank sentral yang menjaga kestabila kurs rupiah pd posisi yang stabil
    3. Managed fload: bank sentral bekerja keras untuk melakukan kestabilan untuk mendapatkan kurs tetap

    BalasHapus
  3. Sistem Moneter internasional tidak mempunyai sistem yang absolut atau tetap. Sistem Moneter Intenasional mempunyai ketergantungan keseimbangan neraca pembayaran (suatu negara) saling berhubungan satu sama lain. Biasanya menggunakan sistem kurs dan valuta asing untuk kerja sama dan bisnis internasionalnya. Kerja Sama Antar Negara dan Bisnis Internasional membutuhkan kerjasama antarnegara. Untuk praktik Bisnis internasional dan Kerja sama internasional dibentuklah Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) yang adalah sebuah organisasi internasional yang bertugas menetapkan aturan untuk perdagangan internasional melalui konsensus di antara negara-negara anggotanya. Sedangkan untuk Integrasi ekonomi regional biasanya ditetapkan karena faktor Ekonomi,politik atau konflik.

    Emi Dwianti ,Manajemen E(19106620067)

    BalasHapus
  4. Mekanisme penentu kurs
    1. Free float: yang menentukan nilai tukar kurs
    2. Managed fload: peran bank sentral yang menjaga kestabila kurs rupiah pd posisi yang stabil
    3. Managed fload: bank sentral bekerja keras untuk melakukan kestabilan untuk mendapatkan kurs tetap.
    Ruri handayani (19106620114)

    BalasHapus
  5. Sistem moneter internasional dan Bisnis internasional saling bekerjasama untuk mendapatkan suatu keuntungan dari nilai mata rupiah dan mata uang asing antar negara dengan perjanjian integrasi regional atas segala jasa, produk impor ekspor, dll.

    (Mutiara Ayu Fitriani 19106620069)

    BalasHapus
  6. Sistem keuangan internasional dari sejarahnya telah mengalami begitu banyak perkembangan dan transpormasi dari masa ke masa. Perkembangan ini disebabkan oleh adanya perubahan ekonomi dan politik domestik serta internasional pada masing-masing masa. Para ahli beranggapan bahwa uang dan Sistem Moneter Internasional merupakan unsur yang bersifat netral baik ekonomis atau politis, namun anggapan ini tidak terbukti dalam ekonomi modern. Norma dan konvensi yang mengatur Sistem Moneter Internasional dengan ini mempunyai efek distributif yang penting bagi power suatu negara dan kesejahteraan dalam kehidupan negara tersebut.

    Suatu Sistem Moneter Internasional yang berjalan dengan baik akan melancarkan perdagangan dunia, arus investasi asing dan interdepedensi global. Kemampuan Sistem Moneter Internasional adalah prasyarat bagi sehatnya ekonomi dunia, sebaliknya runtuhnya Sistem Moneter Internasional barat menjadi penyebab terpisahnya kesuraman dalam ekonomi internasional.

    (Kevin Ryan 19106620121)

    BalasHapus
  7. Sistem moneter internasional yang absolut di dunia saat ini tidaklah ada. Kebayakan orang tidak mengerti bagaimana tidak biasanya(unusual) sistem ini. Para ekonomi mengetahui bahwa tergantungan diantara sistem moneter internasional di dukung oleh fakta bahwa keseimbangan neraca pembayaran(suatu negara) saling berhubungan satu sama lain. Jadi suatu negara bergerak menuju serplus atau defisit yang secara otomatis berpengaruh terhadap negara lain. Ini memiliki pengaruh dalam sistem nilai tukar mata uang.
    (Freni Safina Etik.M)
    ( 19106620128)

    BalasHapus
  8. Sistem moneter dan kerja sama Internasional berhubungan erat dengan kurs dan valuta asing. Hubungan ini, diakibatkan karena faktor perbedaan mata uang, ekonomi, politik, budaya disetiap negara berbeda. Dengan adanya hubungan ini diharapkan mempermudah perdagangan antar negara yang baik dan lancar.
    (Mochamad Muhyi Aldi Yahya 19106620115)

    BalasHapus
  9. Sistem moneter internasional mengatur bagaimana transaksi keuangan dilakukan didalam aktivitas bisnis internasional.sistem moneter internasional didukung oleh fakta bahwa keseimbangan neraca pembayaran (suatu negara) saling berhubungan satu sama lain. Apabila satu negara memiliki neraca perdagangan yang surplus maka negaranegara lain memiliki neraca perdagangan yang defisit. Jadi suatu negara bergerak menuju surplus atau defisit yang secara otomatis berpengaruh terhadap negara lain. Ini memiliki pengaruh di dalam sistem nilai tukar mata uang.
    (Nanda Fitria Oktavia 19106620113)

    BalasHapus
  10. Sistem moneter internasional merupakan suatu sistem yang berfungsi sebagai sarana stabilitas fluktuasi nilai tukar. Selain itu, sistem moneter internasional juga dapat dikatakan sebagai penentu arah dalam hal perdagangan global, arus investasi asing, ketergantungan suatu negara dengan negara lain dalam melakukan kerjasama ekonomi dan lain sebagainya. Interaksi yang dilakukan oleh negara dengan negara lain dalam bidang ekonomi membuat sistem moneter internasional menjadi penting untuk dikaji oleh penstudi hubungan internasional.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sistem moneter internasional merupakan suatu sistem yang berfungsi sebagai sarana stabilitas fluktuasi nilai tukar. Selain itu, sistem moneter internasional juga dapat dikatakan sebagai penentu arah dalam hal perdagangan global, arus investasi asing, ketergantungan suatu negara dengan negara lain dalam melakukan kerjasama ekonomi dan lain sebagainya. Interaksi yang dilakukan oleh negara dengan negara lain dalam bidang ekonomi membuat sistem moneter internasional menjadi penting untuk dikaji oleh penstudi hubungan internasional.
      NUR HIDHAYAH AGUSTINA (19106620071)

      Hapus
  11. Sistem moneter internasional mengatur bagaimana transaksi keuangan dilakukan didalam aktivitas bisnis internasional.sistem moneter internasional didukung oleh fakta bahwa keseimbangan neraca pembayaran (suatu negara) saling berhubungan satu sama lain. Apabila satu negara memiliki neraca perdagangan yang surplus maka negaranegara lain memiliki neraca perdagangan yang defisit. Jadi suatu negara bergerak menuju surplus atau defisit yang secara otomatis berpengaruh terhadap negara lain. Ini memiliki pengaruh di dalam sistem nilai tukar mata uang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nurlaela yuana putri (19106620051) manajemen F

      Hapus
  12. Sistem Moneter Internasional merupakan pengaturan atau kesepakatan formal antarnegara atas nilai tukar masing-masing mata uang negara-negara dunia terhadap mata uang lainnya. Selain itu, bisnis internasional harus menjalankan kerjasama antara dua negara yang menghasilkan perekonomian yang sangat menguntungkan antara dua negara.

    Saph'na Anissa T
    19106620088

    BalasHapus
  13. Sistem moneter internasional yang absolut di dunia saat ini tidaklah ada. Kebayakan orang tidak mengerti bagaimana tidak biasanya(unusual) sistem ini. Para ekonomi mengetahui bahwa tergantungan diantara sistem moneter internasional di dukung oleh fakta bahwa keseimbangan neraca pembayaran(suatu negara) saling berhubungan satu sama lain. Jadi suatu negara bergerak menuju serplus atau defisit yang secara otomatis berpengaruh terhadap negara lain. Ini memiliki pengaruh dalam sistem nilai tukar mata uang.
    Nama : Kevin Priyandityo
    Nim : 19106620086

    BalasHapus
  14. Sistem moneter dan kerjasama Internasional berhubungan dengan nilai mata uang meskipun setiap negara memiliki mata uang yang berbeda. Kerjasama antar negara dan bisnis internasional membutuhkan kerjasama antar negara. Untuk praktik bisnis internasional dan kerjasama internasional dibentuklah Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), yaitu sebuah orgnisasi internasional yang bertugas menetapkan aturan perdagangan internasional.
    (Alfi Choirul Waqiah 19106620111)

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. Sistem moneter internasional merupakan sistem keuangan yang berlaku untuk semua Negara di dunia yang membahas tentang pembayaran atas transaksi lintas negara dilaksanakan. Sistem ini menentukan bagaimana kurs tukar asing ditentukan dan bagaimana pemerintah dapat mempengaruhi kurs tukar. Sistem moneter internasional yang berfungsi dengan baik akan memfasilitasi perdagangan internasional dan investasi, serta mempermudah adaptasi terhadap perubahan. Pembahasan inti dari sistem moneter internasional adalah menentukan pengaturan sistem kurs tukar. Semenjak dimulainya sistem standar emas hingga abad ke 20, sistem moneter internasional telah mengalami pasang surut. Perubahan dari sistem ke sistem yang lain diakibatkan oleh gejolak ekonomi pada saat itu. Sampai saat ini pun sistem moneter internasional masih menjadi perhatian semua negara dan masih ingin merubah sistemnya menjadi lebih berfungsi optimal. Belum lagi rencana anggota Negara-negara asean untuk merumuskan kebijakan pemberlakuan mata uang bersama yang hanya berlaku tunggal di kawasan asean.

    (Ivvah Tazkiyah 19106620104)

    BalasHapus
  17. SISTEM MONETER INTERNASIONAL
    Sistem moneter internasional mengatur bagaimana transaksi keuangan dilakukan di dalam aktivitas bisnis internasional.
    Menurut Sutanto (2008) bursa valuta asing adalah tempat atau lembaga yang memperdagangan mata uang asing. Bursa valuta asing diselenggarakan oleh bank pemerintah, bank swasta nasional, dan bank swasta asing yang sudah menjadi bank devisa serta lembaga yang mengkhususkan kegiatannya dalam perdagangan mata uang asing.

    KERJASAMA INTERNASIONAL ANTAR NEGARA TUJUAN
    Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) adalah sebuah organisasi internasional yang menetapkan aturan untuk perdagangan internasional melalui konsensus di antara negara-negara anggotanya
    Tujuannya adalah untuk meningkatkan perdagangan internasional dengan mempromosikan hambatan perdagangan yang lebih rendah dan menyediakan platform untuk negosiasi perdagangan dan bisnis mereka.

    (Muhammad fikri nafida 19106620120)

    BalasHapus
  18. ...---Sistem moneter internasional mengatur bagaimana transaksi keuangan dilakukan didalam aktivitas bisnis internasional.
    ...---Valuta asing adalah tempat atau lembaga yang memperdagangkan mata uang asing.
    Istilah kurs valuta asing :
    A. Kurs beli : menunjukan harga beli valuta asing pada saat bank money membeli valuta asing.
    B. Kurs jual : menunjukan harga jual valuta asing pada saat bank money menjual valuta asing.
    C. Kurs tengah : merupakan selisih antara kurs jual dan kurs beli.
    ...---Fungsi dan Manfaat valuta asing.
    Penyedia kredit perdagangan internasional dan memperlancar.
    Jual beli valuta asing dan menambah devisa cadangan.
    Memperlancar pembayaran internasional dan meningkatkan kegiatan ekspor impor.
    ...---kegiatan bisnis internasional bukan saja kegiatan business to business akan tetapi juga harus melibatkan government to government apalagi yang berkaitan dengan kebijakan yang harus diambil oleh pemerintah menyangkut investasi dan lainnya.
    Siska Dwi Ningsih (19106620127)

    BalasHapus
  19. Sistem moneter dan kerja sama Internasional berhubungan dengan nilai mata uang meskipun setiap negara memiliki mata uang yg berbeda sistem ini menggunakan kurs dan nilai valuta asing. Para ekonimi mengetauhi bahwa ketergantungan diantara sistem monetee internasiaonal didukunh oleh fakta bahwa keseimbangan neraca pembayaran saling berhubungan satu sama lain.Kerja sama internasional yang terjalin dipengaruhi banyak faktor misal ekonomi, politik, budaya,dll. Kegiatam bisnis interasional bukan saja kergiantan business to business akan tetapi juga harus melibatkan government apalagi yang berkaitan dengan kebijakan yang harus diambil oleh pemerintah menyangkut inventasi. Praktik kerja sama internasional ditetapkan dengan aturan WTO guna membangun kerja sama internasional yang sehat dan baik
    Anissa sekar kinasih 19106620116

    BalasHapus

Posting Komentar

Terpopuler

STARNETWORKING Unlimited Internet Service