Pengelolaan bisnis internasional menjadi sesuatu yang sangat penting apabila perusahaan ingin unggul dalam kompetisi global, dengan pengelolaan yang baik akan menyebabkan keunggulan perusahaan meningkat. Pengelolaan ini dimulai dari analisis pasar luar negeri lalu dilanjutkan dengan menetapkan strategi untuk memasuki pasar lua negeri. Setelah itu dilakukan barulah perusahaan menentukan aktivitas yang akan dilakukan untuk masuk ke pasar global.

Analisis Pasar

Analisis pasar luar negeri merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting dilakukan oleh perusahaan yang ingin berkecimpung dalam kegiatan bisnis internasional. Analisis pasar ini terdiri dari beberapa kegiatan, diantaranya adalah : a) Penyaringan Pasar, dimana metode analisis dan penilaian pasar yang memungkinkan manajemen untuk mengidentifikasikan sejumlah kecil pasar yang diinginkan dengan mengeliminasi pasar-pasar yang dianggap kurang menarik. 
b) Riset Pasar, kegiatan yang dilakukan untuk menentukan potensi kebutuhan pasar. 
c) Pemindaian Lingkungan, perusahaan memindai dunia untuk mengamati perubahan kekuatan-kekutan lingkungan yang akan mempengaruhi eksistensi perusahaan tersebut.   

STRATEGI MEMASUKI PASAR LUAR NEGERI   

Ekspor – Impor 
Ekspor adalah sebuah kegiatan menjual produk-produk yang dibuat di negara sendiri untuk digunakan atau dijual kembali ke negara-negara yang lain. Sedangkan impor adalah membeli produk-produk yang dibuat di negara-negara lain untuk digunakan atau dijual kembali di negara sendiri. Dalam ekspor impor ada dua jenis produk yang diperdagangkan yaitu barang dan jasa. Perbedaan antara barang dan jasa itu sendiri sudah pasti terletak pada tangible dan intangible sebuah produk  

Investasi Internasional 
Investasi internasional adalah modal yang dipasok oleh penduduk suatu negara ke penduduk negara lainnya 

Lisensi Internasional 
Lisensi adalah pemberian beberapa hak (intangible rights) kepada perusahaan asing, yang meliputi pemberian hak untuk memproses, hak paten, program, merek, hak cipta, atau keahlian.

Waralaba Internasional 
Waralaba internasional adalah cara yang strategis untuk mengurangi ketergantungan pada permintaan domestik dan tumbuh baru, pusat pendapatan dan laba masa depan di seluruh dunia. Memperluas merek global melalui waralaba melibatkan risiko rendah, membutuhkan investasi minimal dan menawarkan potensi upside yang sangat besar pada peningkatan kemampuan. Di sini saya melihat apa yang waralaba internasional, manfaatnya, contoh perusahaan yang telah berhasil waralaba internasional, bagaimana untuk memulai waralaba dan di mana untuk mencari bantuan tambahan.