PENGELOLAAN BISNIS INTERNASIONAL

Pengelolaan bisnis internasional menjadi sesuatu yang sangat penting apabila perusahaan ingin unggul dalam kompetisi global, dengan pengelolaan yang baik akan menyebabkan keunggulan perusahaan meningkat. Pengelolaan ini dimulai dari analisis pasar luar negeri lalu dilanjutkan dengan menetapkan strategi untuk memasuki pasar lua negeri. Setelah itu dilakukan barulah perusahaan menentukan aktivitas yang akan dilakukan untuk masuk ke pasar global.

Analisis Pasar

Analisis pasar luar negeri merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting dilakukan oleh perusahaan yang ingin berkecimpung dalam kegiatan bisnis internasional. Analisis pasar ini terdiri dari beberapa kegiatan, diantaranya adalah : a) Penyaringan Pasar, dimana metode analisis dan penilaian pasar yang memungkinkan manajemen untuk mengidentifikasikan sejumlah kecil pasar yang diinginkan dengan mengeliminasi pasar-pasar yang dianggap kurang menarik. 
b) Riset Pasar, kegiatan yang dilakukan untuk menentukan potensi kebutuhan pasar. 
c) Pemindaian Lingkungan, perusahaan memindai dunia untuk mengamati perubahan kekuatan-kekutan lingkungan yang akan mempengaruhi eksistensi perusahaan tersebut.   

STRATEGI MEMASUKI PASAR LUAR NEGERI   

Ekspor – Impor 
Ekspor adalah sebuah kegiatan menjual produk-produk yang dibuat di negara sendiri untuk digunakan atau dijual kembali ke negara-negara yang lain. Sedangkan impor adalah membeli produk-produk yang dibuat di negara-negara lain untuk digunakan atau dijual kembali di negara sendiri. Dalam ekspor impor ada dua jenis produk yang diperdagangkan yaitu barang dan jasa. Perbedaan antara barang dan jasa itu sendiri sudah pasti terletak pada tangible dan intangible sebuah produk  

Investasi Internasional 
Investasi internasional adalah modal yang dipasok oleh penduduk suatu negara ke penduduk negara lainnya 

Lisensi Internasional 
Lisensi adalah pemberian beberapa hak (intangible rights) kepada perusahaan asing, yang meliputi pemberian hak untuk memproses, hak paten, program, merek, hak cipta, atau keahlian.

Waralaba Internasional 
Waralaba internasional adalah cara yang strategis untuk mengurangi ketergantungan pada permintaan domestik dan tumbuh baru, pusat pendapatan dan laba masa depan di seluruh dunia. Memperluas merek global melalui waralaba melibatkan risiko rendah, membutuhkan investasi minimal dan menawarkan potensi upside yang sangat besar pada peningkatan kemampuan. Di sini saya melihat apa yang waralaba internasional, manfaatnya, contoh perusahaan yang telah berhasil waralaba internasional, bagaimana untuk memulai waralaba dan di mana untuk mencari bantuan tambahan.

Komentar

  1. (Eza Kurnia Elang Wijaya 19106620125)
    Pengelolaan bisnis internasional sangat penting dan berpengaruh, upaya baik dalam analisa pasar yang dapat dilakukan adalah penyaringan pasar, riset pasat, serta pemindaian pasar. Dalam strategi pasar luar negeri agar dapat mencapai target yang diinginkan ada beberapa hal yaitu dengan melakukan ekspor-impor, waralaba internasional, lisensi internasional, dan investasi internasional.

    BalasHapus
  2. Emi Dwianti (19106620067)
    Pengelolaan bisnis internasional yang dilakukan mulai dari analisis pasar kemudian dilanjutkan dengan penetapan strategi merupakan hal yang sangat penting agar keunggulan perusahaan bisa meningkat dalam kompetensi bisnis . Analisis pasar dilakukan sesuai tahapan seperti penyaringan pasar,riset pasar kemudian terakhir yaitu pemindaian pasar. Adapun strategi untuk pasar luar negeri yang dapat dilakukan contohnya yaitu ekspor-impor,waralaba internasional,lisensi internasional,dan investasi internasional.

    BalasHapus
  3. PENGELOLAAN BISNIS INTERNASIONAL

    Pengelolaan bisnis internasional menjadi sesuatu yang sangat penting apabila
    perusahaan ingin unggul dalam kompetisi global, dengan pengelolaan yang baik akan
    menyebabkan keunggulan perusahaan meningkat.
    Pengelolaan ini dimulai dari analisis pasar luar negeri lalu dilanjutkan dengan
    menetapkan strategi untuk memasuki pasar lua negeri.

    Analisis Pasar
    Analisis pasar luar negeri merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting
    dilakukan oleh perusahaan yang ingin berkecimpung dalam kegiatan bisnis
    internasional.

    STRATEGI MEMASUKI PASAR LUAR NEGERI   

    Ekspor – Impor 
    Ekspor adalah sebuah kegiatan menjual produk-produk yang dibuat di negara sendiri
    untuk digunakan atau dijual kembali ke negara-negara yang lain. Sedangkan impor
    adalah membeli produk-produk yang dibuat di negara-negara lain untuk digunakan
    atau dijual kembali di negara sendiri.
    Dalam ekspor impor ada dua jenis produk yang diperdagangkan yaitu barang dan
    jasa. Perbedaan antara barang dan jasa itu sendiri sudah pasti terletak pada tangible
    dan intangible sebuah produk

    (Muhammad fikri nafida 19106620120)

    BalasHapus
  4. Pengelolaan Bisnis Internasional merupakan sebuah kesatuan yang terdiri dari segala bentuk transaksi komersial yang dilakukan oleh dua negara atau lebih. Pengolahan bisnis internasional menjadi sangat penting apabila perusahaan ingin unggul dalam kompetisi global dengan pengolahan yang baik dan menyebabkan perusahaan menjadi unggul.
    Ada beberapa stategi untuk memasuki pasar luar negeri yaitu :
    1. Ekspor Impor
    2. Investasi Internasional
    3. Lisensi Internasional
    4. Waralaba Internasional

    Saph'na Anissa T, 19106620088

    BalasHapus
  5. Pengelolaan bisnis internasional menjadi suatu yang sangat penting apabila perusahaan ingin unggul dalam kompetisi global. Upaya baik dalam analisa pasar seperti penyaringan pasar, riset pasar, dan pemindaian lingkungan. Strategi untuk pasar luar negeri dapat dilakukan dengan ekspor impor, investasi internasional, lisensi internasional, dan waralaba internasional.
    (Alfi choirul waqiah 19106620111)

    BalasHapus
  6. Pengelolaan bisnis internasional yang dilakukan mulai dari analisis pasar kemudian dilanjutkan dengan penetapan strategi merupakan hal yang sangat penting agar keunggulan perusahaan bisa meningkat dalam kompetensi bisnis . Analisis pasar dilakukan sesuai tahapan seperti penyaringan pasar,riset pasar kemudian terakhir yaitu pemindaian pasar. Adapun strategi untuk pasar luar negeri yang dapat dilakukan contohnya yaitu ekspor-impor,waralaba internasional,lisensi internasional,dan investasi internasional.
    (Nurlaela yuana putri 19106620051)

    BalasHapus
  7. Bisnis internasional merupakan bisnis yang kegiatan-kegiatannya melewati batas-batas negara. Definisi ini tidak hanya termasuk perdagangan internasional dan pemanukfaturan di luar negeri, tetapi juga industri jasa yang berkembang di bidang-bidang, seperti transportasi, pariwisata, perbankan, periklanan, konstruksi, perdagangan eceran, perdagangan besar, dan komunikasi massa.
    Ruri handayani 19106620114

    BalasHapus
  8. Pengelolaan Bisnis Internasional merupakan sebuah kesatuan yang terdiri dari segala bentuk transaksi komersial yang dilakukan oleh dua negara atau lebih. Pengolahan bisnis internasional menjadi sangat penting apabila perusahaan ingin unggul dalam kompetisi global dengan pengolahan yang baik dan menyebabkan perusahaan menjadi unggul.Dalam strategi pasar luar negeri agar dapat mencapai target yang diinginkan ada beberapa hal yaitu dengan melakukan ekspor-impor, waralaba internasional, lisensi internasional, dan investasi internasional
    Anissa sekar kinasih 19106620116

    BalasHapus
  9. Pengelolaan bisnis internasional menjadi sesuatu yang sangat penting apabila
    perusahaan ingin unggul dalam kompetisi global, dengan pengelolaan yang baik akan
    menyebabkan keunggulan perusahaan meningkat.
    Pengelolaan ini dimulai dari analisis pasar luar negeri lalu dilanjutkan dengan
    menetapkan strategi untuk memasuki pasar lua negeri. Setelah itu dilakukan barulah
    perusahaan menentukan aktivitas yang akan dilakukan untuk masuk ke pasar global.

    (Kevin Ryan 19106620121)

    BalasHapus
  10. Siska Dwi Ningsih (19106620127)
    Pengelolaan bisnis internasional ini dimulai dari analisis pasar luar negeri lalu dilanjutkan dengan menetapkan strategi untuk memasuki pasar lua negeri. Setelah itu dilakukan barulah perusahaan menentukan aktivitas yang akan dilakukan untuk masuk ke pasar global.
    Analisis pasar ini terdiri dari beberapa kegiatan, diantaranya adalah :
    a) Penyaringan Pasar, dimana metode analisis dan penilaian pasar yang memungkinkan manajemen untuk mengidentifikasikan sejumlah kecil pasar yang diinginkan dengan mengeliminasi pasar-pasar yang dianggap kurang menarik. 
    b) Riset Pasar, kegiatan yang dilakukan untuk menentukan potensi kebutuhan pasar. 
    c) Pemindaian Lingkungan, perusahaan memindai dunia untuk mengamati perubahan kekuatan-kekutan lingkungan yang akan mempengaruhi eksistensi perusahaan tersebut.   
    Strategi memasuki pasar luar negeri.
    1. Ekspor Impor, Ekspor adalah sebuah kegiatan menjual produk-produk yang dibuat di negara sendiri untuk digunakan atau dijual kembali ke negara-negara yang lain. Sedangkan impor adalah membeli produk-produk yang dibuat di negara-negara lain untuk digunakan atau dijual kembali di negara sendiri
    2. Investasi Internasional, Investasi internasional adalah modal yang dipasok oleh penduduk suatu negara ke penduduk negara lainnya 
    3. Lisensi Internasional, lisensi adalah pemberian beberapa hak (intangible rights) kepada perusahaan asing, yang meliputi pemberian hak untuk memproses, hak paten, program, merek, hak cipta, atau keahlian.
    4. Waralaba Internasional, Waralaba internasional adalah cara yang strategis untuk mengurangi ketergantungan pada permintaan domestik dan tumbuh baru, pusat pendapatan dan laba masa depan di seluruh dunia






    BalasHapus
  11. Pengelolaan Bisnis Internasional
    Perusahaan yang berkecimpung didunia internasional membutuhkan adanya pengelolaan bisnis internasional ini karena sebagai pendobrak keunggulan global.
    Dengan melalui beberapa tahapan analisa pasar kemudian dilanjutkan dengan strategi pasar termasuk ekspor impor, investasi internasional, lisensi internasional, dan waralaba internasional.

    BalasHapus
  12. Bisnis internasional merupakan bisnis yang kegiatan-kegiatannya melewati batas-batas negara. Definisi ini tidak hanya termasuk perdagangan internasional dan pemanukfaturan di luar negeri, tetapi juga industri jasa yang berkembang di bidang-bidang, seperti transportasi, pariwisata, perbankan, periklanan, konstruksi, perdagangan eceran, perdagangan besar, dan komunikasi massa.
    (Mochamad Muhyi Aldi Yahya 19106620115)

    BalasHapus

Posting Komentar

Terpopuler

STARNETWORKING Unlimited Internet Service