Langsung ke konten utama

Model Bisnis Skala Internasional

Menurut  Nerd Wallet.  business model? Penjelasan komponen model bisnis adalah sebagai berikut

  • Value proposition: Fitur-fitur yang membuat produk terlihat menarik bagi pelanggan.
  • Target market: Sekelompok konsumen tertentu yang akan tertarik pada produk.
  • Competitive advantage: Fitur unik produk atau layanan yang tidak dapat dengan mudah ditiru oleh pesaing.
  • Cost structure: Daftar pengeluaran tetap serta variabel yang dibutuhkan bisnis untuk beroperasi dan bagaimana hal ini memengaruhi penetapan harga.
  • Key metrics: Elemen yang digunakan perusahaan untuk mengukur kesuksesan.
  • Resources: Aset fisik, keuangan, dan intelektual perusahaan.
  • Problem and solution: Masalah yang dimiliki target pelanggan dan bagaimana perusahaan bermaksud untuk menyelesaikannya.
  • Revenue model: Kerangka kerja yang mengidentifikasi sumber pendapatan yang layak untuk dikejar.
  • Revenue streams: Berbagai cara agar perusahaan dapat menghasilkan pendapatan.
  • Profit margin: Jumlah pendapatan yang melebihi biaya bisnis


Tujuan Model Bisnis Internasional membahas mengenai: 
Bagaimana model bisnis yang digunakan perusahaan lvel internasinal 
Mengetahui komponen Model Bisnis Internasional 
Memahami model bisnis perusahaanperusahaan Internasional

Secara Garis besar Model bisnis dapat digambarkan menjadi tiga bagian untuk strateginya: 

  • Jenis produk yang dihasilkan dan ketersediaan tenaga kerja dalam membuat produk tersebut 
  • Strategi pemasaran yang dilakukan, distribusi, pengiriman, hingga proses penjualan
  • Strategi harga yang digunakan serta metode pembayaran dari pelanggan 

Namun diuraikan menjadi beberapa komponen diatas untuk memberikan  memberikan gambaran singkat tentang model bisnis dan tidak memiliki detail menjelaskan bagaimana berbagai aspek bisnis terkait satu sama lain. Mengetahui dan membuat perencanaan bisnis.

Adan bisa juga mengalisa beberapa model bisnis level internasional yang beroperasi di Indonesia. Meraka membawa misi yang besar untuk mengembangkan ide ide bisnisnya. Banyak sekali perusahaan ecommerse mempunya segmentasi geografis global dengan target pasara seluruh dunia, misalnya facebook, google, alibaba, amaxon dan lain sebagainya.


Komentar

  1. Memahami model bisnis berarti pula membuka jalan untuk mengetahui bagaimana merencanakan anggaran, identifikasi produk, dan juga membangun target pasar yang tepat. Model bisnis juga menjadi titik utama dalam sebuah proses usaha yang menentukan pasar konsumen yang akan dituju. Dengan model bisnis, suatu usaha akan menemukan jalur untuk bersaing.

    BalasHapus
  2. Memahami model bisnis berarti pula membuka jalan untuk mengetahui bagaimana merencanakan anggaran, identifikasi produk, dan juga membangun target pasar yang tepat. Model bisnis juga menjadi titik utama dalam sebuah proses usaha yang menentukan pasar konsumen yang akan dituju. Dengan model bisnis, suatu usaha akan menemukan jalur untuk bersaing
    Ruri handayani 19106620114

    BalasHapus
  3. Memahami model bisnis berarti pula membentuk jalan untuk memenuhi bagaimana merencanakan anggaran,dan juga membangun target pasar yang tepat.Secara Garis besar Model bisnis dapat digambarkan menjadi tiga bagian strategi nya seperti : Jenis produk yang dihasilkan dan ketersediaan tenaga kerja dalam membuat produk tersebut .
    Strategi pemasaran yang dilakukan, distribusi, pengiriman, hingga proses penjualan.
    Strategi harga yang digunakan serta metode pembayaran dari pelanggan .
    (Nanda Fitria Oktavia 19106620113)

    BalasHapus
  4. Memahami model bisnis berarti pula membuka jalan untuk mengetahui bagaimana merencanakan anggaran, identifikasi produk, dan juga membangun target pasar yang tepat. Model bisnis juga menjadi titik utama dalam sebuah proses usaha yang menentukan pasar konsumen yang akan dituju. Dengan model bisnis, suatu usaha akan menemukan jalur untuk bersaing.
    (Nurlaela yuana putri 19106620051)

    BalasHapus
  5. Model bisnis berarti membentuk jalan untuk memenuhi bagaimana merencanakan anggaran, dan juga membangun target pasar yang tepat. Secara Garis besar Model bisnis dapat digambarkan menjadi tiga bagian strategi nya seperti : Jenis produk yang dihasilkan dan ketersediaan tenaga kerja dalam membuat produk tersebut .
    Strategi pemasaran yang dilakukan, distribusi, pengiriman, hingga proses penjualan.
    Strategi harga yang digunakan serta metode pembayaran dari pelanggan .
    (Alfi choirul waqiah 19106620111)

    BalasHapus
  6. Mengetahui dan memahami model bisnis berarti pula membentuk jalan dan memenuhi bagaimana merencanakan anggaran, dan juga membangun target pasar yang tepat. Secara Garis besar Model bisnis dapat digambarkan menjadi 3 bagian strategi:
    1. Jenis produk yang dihasilkan dan ketersediaan tenaga kerja dalam membuat produk tersebut
    2. Strategi pemasaran yang dilakukan, distribusi, pengiriman, hingga proses penjualan
    3. Strategi harga yang digunakan serta metode pembayaran dari pelanggan.
    (Mochamad Muhyi Aldi Yahya 19106620115)

    BalasHapus
  7. Model Bisnis Internasional umumnya membahas 3 hal yaitu strategi harga, strategi pemasaran, dan produk. Bisnis Internasional umumnya membawa visi dan misi besar yang ditujukan untuk membawa kebaikkan dalam perekonomian dan keberlangsungan perusahaan sendiri.

    Eza Kurnia Elang Wijaya
    Manajemen F
    19106620125

    BalasHapus
  8. Model bisnis adalah suatu model yang menjelaskan dan menjabarkan bagaimana sebuah perusahaan dapat bergerak dan berkembang untuk memperoleh keuntungan. Menurut ahli, sebuah model atau gambaran suatu bisnis harus ada 3 karakteristik utama, yaitu sesuai dengan tujuan perusahaan, tangguh dan handal, dan mampu memperkuat model itu sendiri.
    NUR HIDHAYAH AGUSTINA (19106620071)

    BalasHapus
  9. Model bisnis adalah sebagai metode yang di gunakan oleh perusahaan untuk menghasilkan uang di lingkungan bisnis dimana perusahaan beroprasi.
    Freni Safina Etik.M
    19106620128

    BalasHapus
  10. Model bisnis adalah suatu model yang digunakan suatu perusahaan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk untuk memperoleh keuntungan dalam lingkungan usaha bisnis. Model usaha mempunyai beberapa strategi yaitu dengan menekankan Jenis produk yang dihasilkan dan ketersediaan tenaga kerja dalam membuat produk tersebut , Strategi pemasaran yang dilakukan, distribusi, pengiriman, hingga proses penjualan serta Strategi harga yang digunakan serta metode pembayaran dari pelanggan .
    Emi Dwianti
    (19106620067)

    BalasHapus
  11. Memahami model bisnis berarti pula membuka jalan untuk mengetahui bagaimana merencanakan anggaran, identifikasi produk, dan juga membangun target pasar yang tepat.
    Model bisnis membawa kita ke bisnis yang lebih tertata karena mempunyai banyak aspek dari segi terkecil hingga terbesar. Dengan bantuan teknologi yang semakin pesat model bisnis bisa meluas hingga seluruh dunia dengan cakupan yang lebih luas. Mulai dari bisnis kecil, menengah, dan keatas bisa mengakses dengan mudah karena ada model bisnis ini.
    Ageng Miftakhul Faridlo 19106620075

    BalasHapus
  12. Bisnis model dalam komponen nya memiliki point-point untuk suatu proses penyusunan kesuksesan perusahaan yang berdasarkan pada strategi strategi yang diterapkan. Hal ini juga bisa diterapkan di bisnis level internasional

    (MUTIARA AYU FITRIANI 19106620069)

    BalasHapus
  13. Model Bisnis merupakam sebuah model dasar yang menjelaskan bagaimana sebuah bisnis. Secara strategis ada 3 jenis yaitu jenis produk yang dihasilkan dan ketersediaan tenaga kerja dalam membuat produk tersebut
    Strategi pemasaran yang dilakukan, distribusi, pengiriman, hingga proses penjualan
    Strategi harga yang digunakan serta metode pembayaran dari pelanggan.

    Saph'na Anissa T, 19106620088

    BalasHapus
  14. Mengetahui dan memahami model bisnis berarti pula membentuk jalan dan memenuhi bagaimana merencanakan anggaran, dan juga membangun target pasar yang tepat. Secara Garis besar Model bisnis dapat digambarkan menjadi 3 bagian strategi:
    1. Jenis produk yang dihasilkan dan ketersediaan tenaga kerja dalam membuat produk tersebut
    2. Strategi pemasaran yang dilakukan, distribusi, pengiriman, hingga proses penjualan
    3. Strategi harga yang digunakan serta metode pembayaran dari pelanggan.

    (Kevin Ryan 19106620121)

    BalasHapus
  15. Model bisnis berarti membentuk jalan untuk memenuhi bagaimana merencanakan anggaran, dan juga membangun target pasar yang tepat. Secara Garis besar Model bisnis dapat digambarkan menjadi tiga bagian strategi nya seperti : Jenis produk yang dihasilkan dan ketersediaan tenaga kerja dalam membuat produk tersebut .
    Strategi pemasaran yang dilakukan, distribusi, pengiriman, hingga proses penjualan.
    Strategi harga yang digunakan serta metode pembayaran dari pelanggan .Model bisnis juga menjadi titik utama dalam sebuah proses usaha yang menentukan pasar konsumen yang akan dituju.
    Anissa sekar kinasih (19106620116)

    BalasHapus
  16. Memahami model bisnis berarti pula membuka jalan untuk mengetahui bagaimana merencanakan anggaran, identifikasi produk, dan juga membangun target pasar yang tepat. Model bisnis juga menjadi titik utama dalam sebuah proses usaha yang menentukan pasar konsumen yang akan dituju. Dengan model bisnis, suatu usaha akan menemukan jalur untuk bersaing

    ( Farhan Rafiq Rizal N - 19106620068 )

    BalasHapus
  17. Komponen Terpenting dalam Rencana modal bisnis yaitu
    1.identitas Perusahaan & Visi Misi. Pertama, komponen perencanaan bisnis adalah identitas perusahaan dan visi misi.
    2. Gambaran Umum Bisnis
    3. Target Pasar
    4. Rincian Produk
    5. Rencana Pemasaran.
    6. Biaya Operasional.
    7. Perhitungan Break Even Point (BEP)
    8. Profitabilitas.
    (Wilda Dyah SA_19106620093)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Studi kasus : Tanggung jawab Perusahaan Internasional dan etika bisnis

Perusahaan Cemex, adalah produsen semen ketiga terbesar di dunia dan telah menjadi unggul di pasar global dengan secara terus-menerus bekerja untuk meningkatkan layanan yang diberikan kepada para pelanggannya, dimana pun mereka berada. Cemex (www.cemex.com), berpusat di Monterrey, Meksiko, mengikuti prinsip-prnsip tertentu yang diyakini membuat “Cemex” menjadi berbeda”.  Prinsip itu mencakup peningkatan layanan pelanggan, teknologi yang berfokus pada pelanggan, efisiensi operasi, pengembangan manajemen, efisiensi ekologi, memberdayakan orang-orang, kepemimpinan pasar, berpikiran strategis, bersemangat untuk belajar, dan berpandangan global. Cemex yakin bahwa untuk berhasil dalam lingkungan global yang ketat persaingannya, manajer memerlukan sudut pandang yang multi budaya.  Perusahaan itu telah melaksanakan beberapa inisiatif yang mencangkup program pendidikan yang mendorong komunikasi yang efektif dan penyatuan kantor-kantor Cemex di seluruh dunia, program ekspatriat yang melalui prog

TRINING NEED ANALYSIS (TNA) - Studi kasus di SimpleFit.id

Simple Fit Konveksi A.   Latar Belakang 1.                   Profil Perusahaan Simple fit konveksi adalah sebuah Usaha Kecil Menengah (UKM) yang bergerak dibidang usaha produksi celana dalam. Awalnya Simple Fit Konveksi memproduksi celana dalam pria. Namun, seiring perkembangan pasar kegiatan produksi disesuaikan dengan kebutuhan dari konsumen secara umum. Simple Fit Konveksi cenderung memproduksi pakaian kaos dan training. Nilai pesanan rata-rata untuk periode 2016-2018 adalah sebesar Rp. 250.000.000,-/bulan dengan modal awal sebesar Rp 50.000.000,-. Prospek pengembangan usaha konveksi sangat menjanjikan mengingat pakaian adalah kebutuhan primer (sandang) selain makanan (pangan), dan perumahan (papan). Kebutuhan akan ini mutlak dan harus dipenuhi mengingat sangat diperlukan untuk kelangsungan hidup. Selain itu,pangsa pasar yang sangat luas, trend dan mode yang sangat dinamis dan mengikuti perkembangan jaman. Rencana Pengembangan Usaha: a.          Promosi b.         P

Pengantar Bisnis Internasional

Perdagangan internasional dan investasi telah meningkat drastis selama bertahun-tahun. Perusahaan multinasional besar telah memegang seluruh dunia, dari Amerika Utara ke Eropa untuk Pasifik Rim ke Afrika. Beberapa saham yang menemukan bahwa mereka harus mencari pasar internasional untuk bertahan di masa depan. Internasionalisasi dari hampir semua usaha telah tiba. Internasional kegiatan ekonomi yang terjadi di sebagian besar triad dari Amerika Utara, Eropa, dan Pasifik rim. Di Amerika Utara, Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko memiliki NAFTA yang beralih menjadi satu wilayah pasar raksasa. Di Amerika Selatan, terdapat peningkatan jumlah perdagangan antar negara, menyulut berbagai macam oleh orang lain seperti Chili telah diproyeksikan untuk dapat bagian dari NAFTA. Di Eropa di 15 negara Uni Eropa merupakan kekuatan ekonomi. Walaupun mengalami masalah ekonomi dan ketidakpastian seperti sisa dari dunia. Asia adalah wilayah kekuasaan besar lain, seperti yang ditunjukkan tidak hanya oleh