Lingkungan Bisnis dan Perdagangan Global

Lingkungan Bisnis

Kegiatan bisnis internasional tidak akan pernah lepas dari lingkungan yang ada di sekelilingnya. Faktor lingkungan berpengaruh cukup besar pada aktivitas bisnis internasional. Ada beberapa lingkungan yang melingkari bisnis internasional diantaranya adalah lingkungan budaya, lingkungan politik dan hukum, serta lingkungan teknologi. Peran dari lingkungan tersebut dalam bisnis internasional adalah membentuk sebuah etika dan tangung jawab sosial yang nantinya akan diterapkan oleh pihak-pihak yang berkecimpung didalamnya. Hal ini akan menjadi perhatian organisasi-organisasi internasional yang berfokus pada bidangnya masingmasing.

Budaya berasal dari nilai dan norma yang berlaku dalam sebuah masyarakat. Menurut Hill (2014:93) Nilai adalah ide-ide abstrak tentang apa yang kelompok percayai sebagai sesuatu hal yang baik benar dan diinginkan. Dengan kata lain nilai yaitu asumsi bersama tentang bagaimana hal-hal yang seharusnya. Masih menurut Hill (2014:93) norma merupakan aturan-aturan sosial dan pedoman yang merumuskan perilaku yang tepat dalam situasi tertentu, dan masyarakat merupakan sekelompok orang yang berbagi seperangkat nilai dan norma. 

Teknologi merupakan pengetahuan mengenai alat dan metode dalam memproduksi barang dan jasa. Teknologi telah menjadikan proses-proses bisnis lebih efektif, efisien dan produktif. Dalam hal ini, efektifitas berarti memberikan hasil yang diinginkan, efisiensi berarti memproduksi barang dan jasa dengan menggunakan sumber daya paling sedikit sedangkan produktivitas merupakan rasio jumlah keluaran dengan jumlah masukan. 

Pentingnya etika dalam dunia bisnis adalah superlatif dan global. Tren baru dan masalah timbul setiap hari yang dapat membuat beban penting untuk organisasi dan konsumen. Saat ini, kebutuhan untuk perilaku etis dalam organisasi telah menjadi penting untuk menghindari tuntutan hukum. Mungkin skandal sosial penyimpangan perusahaan dan praktek menyesatkan telah mempengaruhi persepsi publik dari banyak organisasi. 

Perdagangan Global

Globalisasi perdagangan merupakan peluang dalam mengembangkan usaha dan pemasaran bagi perusahaan yang mampu bersaing, namun juga akan menjadi tantangan bagi perusahaan atau negara yang tidak mempunyai daya saing tinggi. Berbagai perusahaan MNC telah mengembangkan sayapnya ke negara-negara lain, selain itu membuat variansi-variansi dalam produknya maupun pelayanan serta manajemen perusahaan. 

Perdagangan global menuntut perusahaan agar mampu berasing tidak hanya terpaku pada keunggulan komparatif saja tapi harus mengedepankan keunggulan kompetitif. Perkembangan bisnis internasional yang memasuki lintas negara, tentu tidakalah terjadi segampang yang dilihat, karena banyak faktor yang perlu dipertimbangkan untuk memulai bisnis internasional. Hal itu dikarenakan bisnis internasional akan melibatkan manusia lintas negara yang tentu akan berbagai macam pula corak prilaku, budaya dan agamanya. 

Kegiatan bisnis internasional tidak lepas dari kegiatan investasi. Secara garis besar kegiatan bisnis internasional adalah ekspor-impor dan investasi. Arti harfiah dari investasi adalah penanaman modal dalam arti modal yang dimiliki pengusaha ditanamkan pada kegiatan yang produktif yang nantinya akan menghasilkan imbal hasil. Perdagangan internasional tidak lepas dari pengaruh ekonomi dan politik di negaranegara yang terlibat di dalamnya. 

Perdagangan dapat menjadi mesin pertumbuhan bagi sebuah negara. Negara yang kegiatan ekspornya jauh lebih tinggi daripada kegiatan impor, maka dapat dipastikan negara tersebut akan menjaid negara dengan tingkat pertumbuhan ekonomi yang tinggi. Kebijakan ekspor impor sebuah negara seringkali dipengaruhi bukan saja karena motif ekonomi, akan tetapi juga dipengaruhi oleh situasi dan kondisi politik di sebuah negara.

Komentar

  1. Dalam melaksanakan bisnis internasional harus memperhatikan beberapa aspek seperti budaya, hukum, hingga etika. Hal tersebut berlaku guna menghindari kegagalan dalam bisnis yang dapat merugikan salah satu atau kedua pihak, dalam pasar global misalnya pebisnis juga dituntut untuk berinovasi mengingat banyaknya pesaing.

    (Eza Kurnia Elang Wijaya Manajemen F 19106620125)

    BalasHapus
  2. Lingkungan bisnis yang kompetitif menjadikan perusahaan membuat
    banyak penawaran terhadap barang dan jasa. Banyaknya penawaran barang dan
    jasa membuat konsumen lebih selektif dalam memilih barang dan jasa yang berkualitas tinggi. Perdagangan global merupakan aspek penting dalam perekonomian di setiap negara. Perdagangan global dapat menjalin dan menciptakan suatu hubungan
    ekonomi yang saling mempengaruhi antara satu negara dengan negara lainnya.

    (Intan Permata Sari Manajemen F_19106620106)

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Dalam bisnis internasional tidak akan lepas dari lingkungan yg ada disekelilingnya, Ada beberapa lingkungan yang melingkari bisnis internasional diantaranya lingkungan budaya, lingkungan politik dan hukum, serta lingkungan teknologi.dalam bisnis internasional dapat membentuk sebuah etika dan tangung jawab sosial yang nantinya akan diterapkan oleh pihak-pihak yang berkecimpung didalamnya(Nanda Fitria Oktavia Manajemen F 19106620113)

    BalasHapus
  5. Bisnis Internasional dipengaruhi oleh beberapa lingkungan sekitarnya. Lingkungan yang berpengaruh pada bisnis internasional diantaranya adalah lingkungan budaya, lingkungan politik dan hukum, serta lingkungan teknologi. Lingkungan-lingkungan itu membentuk sebuah rangkaian etika dan tangung jawab sosial yang nantinya dan biasanya akan diterapkan oleh pihak-pihak yang terlibat didalamnya. Dalam bisnios internasional penting juga memperhatikan aspek budaya ,hukum, dan Etika. Hal ini penting untuk menghindari kegagalan atau kerugian dalam bisnis.Perdagangan global sendiri menuntut perusahaan agar mampu bersaing dan inovatif sesuai dengan faktor budaya,lingkungan,agama dan corak perilaku.
    (Emi Dwianti ,Manajemen E,19106620067)

    BalasHapus
  6. Dalam lingkungan bisnis dan perdagangan global, kalau tidak punya daya saing maka perusahaan atau negara tidak memiliki tantangan untuk mengembangkan usaha dan pemasaran.

    Ruri handayani (19106620114)

    BalasHapus
  7. Kegiatan bisnis internasional tidak akan pernah lepas dari lingkungan yang ada di sekelilingnya. Hal itu dikarenakan bisnis internasional akan melibatkan manusia lintas negara yang tentu akan berbagai macam pula corak perilaku, budaya dan agamanya.
    (Moch. Muhyi Aldi Yahya, Manajemen F, 19106620115)

    BalasHapus
  8. Dalam bisnis internasional tidak lepas dari lingkungan yang ada di sekelilingnya. Kegiatan bisnis internasional ini melibatkan antar negara dan bangsa yang memiliki budaya berbeda. Maka dari itu harus memperhatikan beberapa aspek budaya, hukum, dan etika. Hal ini penting untuk menghindari kegagalan atau kerugian dalam bisnis.
    ( Alfi Choirul Waqiah Manajemen F 19106620111)

    BalasHapus
  9. Dalam bisnis internasional tidak akan lepas dari lingkungan yg ada disekelilingnya, Ada beberapa lingkungan yang melingkari bisnis internasional diantaranya lingkungan budaya, lingkungan politik dan hukum, serta lingkungan teknologi.dalam bisnis internasional dapat membentuk sebuah etika dan tangung jawab sosial yang nantinya akan diterapkan oleh pihak-pihak yang berkecimpung didalamnya.
    (Nurlaela yuana putri Manajemen F 19106620051)

    BalasHapus
  10. Bisnis internasional merupakan segala bentuk transaksi yang terjadi lintas batas negara untuk memenuhi kebutuhan individu maupun organisasi. Kegiatan bisnis internasional tidak akan pernah lepas dari lingkungan yang ada di sekelilingnya. Faktor lingkungan berpengaruh cukup besar pada aktivitas bisnis internasional. Peran dari lingkungan tersebut dalam bisnis internasional adalah membentuk sebuah etika dan tangung jawab sosial yang nantinya akan diterapkan oleh pihak-pihak yang berkecimpung didalamnya. melibatkan manusia lintas negara yang tentu akan berbagai macam pula corak perilaku, budaya dan agamanya dan Teknologi telah menjadikan proses-proses bisnis lebih efektif, efisien dan produktif

    Anissa sekar kinasih (19106620116)

    BalasHapus
  11. Bisnis internasional merupakan kegiatan bisnis yang dilakukan antara Negara yang satu dengan Negara yang lain. Dalam hal perdagangan internasional yang merupakan transaksi antar Negara itu biasanya dilakukan dengan cara tradisional yaitu dengan cara ekspor dan impor.Bisnis internasional mengacu pada perdagangan barang, jasa, teknologi, modal dan/atau pengetahuan lintas batas negara dan dalam skala global atau transnasional. Ini melibatkan transaksi barang dan jasa lintas batas antara dua negara atau lebih.
    (NUR HIDHAYAH AGUSTINA-19106620071)

    BalasHapus
  12. Bisnis Internasional sangatlah penting dalam 2 negara atau bahkan lebih dari 2 negara. Bisnis Internasional mengacu dalam segala hal aspek. Aspek tersebut bisa dari perdagangan barang dan jasa, teknologi, modal dan pengetahuan lintas batas negara. Bisnis Internasional bisa membuat negara menjadi lebih bertanggung jawab nantinya. Etika sangat diperlukan dalam bisnis, karena bisa membuat 2 negara atau lebih menjadi satu.

    Saph'na Anissa T
    (19106620088)

    BalasHapus
  13. Lingkungan dalam kegiatan bisnis berperan sebagai pembentukan etika bagi para pelaku bisnis. Lingkungan dapat berupa budaya, politik, hukum, dan teknologi. Oleh karena itu, peran dari lingkungan ini menjadikan proses bisnis efisien, efektif, dan produktif. Suatu bisnis bisa dikatakan bisnis apabila adanya perdagangan secara luas baik dalam lingkup lingkungan maupun globalisasi. Perdagangan globalisasi mengajarkan agar para pebisnis dapat bersaing dengan memperhatikan faktor-faktor yang ada.

    BalasHapus
  14. Lingkungan dalam kegiatan bisnis berperan sebagai pembentukan etika bagi para pelaku bisnis. Lingkungan dapat berupa budaya, politik, hukum, dan teknologi. Oleh karena itu, peran dari lingkungan ini menjadikan proses bisnis efisien, efektif, dan produktif. Suatu bisnis bisa dikatakan bisnis apabila adanya perdagangan secara luas baik dalam lingkup lingkungan maupun globalisasi. Perdagangan globalisasi mengajarkan agar para pebisnis dapat bersaing dengan memperhatikan faktor-faktor yang ada.

    (Mutiara Ayu Fitriani 19106620069)

    BalasHapus
  15. Di dalam bisnis internasional terdapat lingkungan bisnis dan perdagangan global. Lingkungan bisnis tersebut membahas tentang lingkungan budaya bisnis internasional, lingkungan politik dan hukum bisnis internasional, lingkungan teknologi bisnis internasional, etika dan tanggung jawab sosial, dan organisasi internasional. Peran dari lingkungan tersebut dalam bisnis internasional adalah membentuk sebuah etika dan tangung jawab sosial yang nantinya akan diterapkan oleh pihak-pihak yang berkecimpung didalamnya.
    Sedangkan perdagangan global membahas tentang beberapa teori perdagangan klasik, modern, dan teori investasi internasional, selain itu juga membahas ekonomi politik dan perdagangan internasional dan memahami kebijakan perdagangan internasional.

    (Muhammad fikri nafida 19106620129)

    BalasHapus
  16. Kegiatan bisnis inyernasional tidak akan pernah lepas dari lingkungan yang ada di sekelilingnya. Faktor lingkungan berpengaruh sangat besar pada aktivitas bisnis internasional.
    (Freni safina etik.m )
    ( 19106620128 )

    BalasHapus
  17. Kegiatan bisnis internasional tidak akan pernah lepas dari lingkungan yang menjadi ruang lingkup nya. Seperti lingkungan politik, budaya, hukum dan teknologi. Dimana ke empat lingkungan tersebut bersatu untuk membentuk sebuah etika dan tanggung jawab yang nantinya akan mengatur pihak pihak yang bersangkutan. Hal ini pastilah mendapat sorotan dari berbagai bisnis internasional yang bergerak pada bidang nya masing-masing.
    Sedangkan perdagangan global sendiri adalah sebuah peluang dalam mengembangkan bisnis atau usaha ke kancah luar apabila usaha/bisnis kita memiliki daya saing yang tinggi. Namun akan menjadi tantangan pula bagi bisnis/usaha yang tidak memiliki/mampu daya saing untuk mengimbangi pasar global yang kian meluas. Secara singkatnya perdagangan internasional adalah ekspor impor dan investasi

    BalasHapus
  18. Ada beberapa jenis lingkungan yang memengaruhi kegiatan suatu bisnis, yang dijalankan
    oleh pelaku bisnis. Pada dasarnya lingkungan tersebut dapat dibedakan atas dua lapis.
    Lapis pertama merupakan lingkungan intern, yang mungkin dapat dikendalikan secara
    organisastoris oleh para pelaku usaha, sehingga dapat diarahkan sesuai dengan keinginan
    perusahaan. Sedangkan lapis kedua disebut lingkungan ekstern, yaitu lingkungan yang
    berada di luar kegiatan bisnis yang tidak mungkin dapat dikendalikan begitu saja oleh
    pelaku bisnis sesuai dengan keinginan perusahaan.
    Faktor-faktor intern yang mempengaruhi kegiatan bisnis tidak lain dari unsur-unsur atau
    subsistem kegiatan bisnis seperti: a. tenaga kerja (karyawan); b. modal (money), c. material
    (bahan baku), d. machine (peralatan mesin dan komputer), e. metode (manajemen yang
    digunakan pelaku bisnis). Kelima jenis lingkungan intern ini akan turut mempengaruhi
    maju mundurnya kegiatan bisnis, namun karena ia berada di lingkungan intern
    perusahaan, sedikit banyak masih dapat dikendalikan dampaknya bagi kegiatan bisnis itu
    sendiri.

    (Kevin Ryan 19106620121)

    BalasHapus

Posting Komentar

Terpopuler

STARNETWORKING Unlimited Internet Service