Pengantar Bisnis Internasional

Perdagangan internasional dan investasi telah meningkat drastis selama bertahun-tahun. Perusahaan multinasional besar telah memegang seluruh dunia, dari Amerika Utara ke Eropa untuk Pasifik Rim ke Afrika. Beberapa saham yang menemukan bahwa mereka harus mencari pasar internasional untuk bertahan di masa depan. Internasionalisasi dari hampir semua usaha telah tiba. Internasional kegiatan ekonomi yang terjadi di sebagian besar triad dari Amerika Utara, Eropa, dan Pasifik rim. Di Amerika Utara, Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko memiliki NAFTA yang beralih menjadi satu wilayah pasar raksasa. Di Amerika Selatan, terdapat peningkatan jumlah perdagangan antar negara, menyulut berbagai macam oleh orang lain seperti Chili telah diproyeksikan untuk dapat bagian dari NAFTA. Di Eropa di 15 negara Uni Eropa merupakan kekuatan ekonomi. Walaupun mengalami masalah ekonomi dan ketidakpastian seperti sisa dari dunia. Asia adalah wilayah kekuasaan besar lain, seperti yang ditunjukkan tidak hanya oleh Jepang tetapi juga perekonomian terbesar di Cina dan Empat Tigers (Singapura, Korea Selatan, Hong Kong, dan Taiwan). Daerah lain di dunia, termasuk India, Timur Tengah dan Asia Tengah dan Afrika terus mengalami masalah rumit, tetapi masih terus ekonomi janji untuk masa depan. Dalam perkembangan di seluruh dunia tiap negara diharapkan berusaha untuk dapat menyesuaikan diri sebaik mungkin. Karena perkembangan ini disertai dengan perkembangan di segala bidng khususnya teknologi. Maka perusahaan mutinasional dituntut untuk bisa mengikuti perkembangan yang ada dengan tujuan untuk memajukan perusahaan tersebut dan meningkatkan eksistensinya di dunia intrenasional. 

Pertumbuhan perekonomian dunia yang mengarah kepada era globalisasi dewasa ini berdampak kepada semakin tingginya tingkat persaingan bisnis antar organisasi baik yang beroperasi pada tingkat domestik, regional, maupun internasional. Pasar internasional menjadi tanpa batas negara (unboundaries). Berbagai strategi bisnis internasional dirumuskan oleh setiap organisasi agar organisasi bisnis (perusahaan) mampu tetap eksis dan menguasai pasar internasional. 

Globalisasi telah menyebabkan berkembangnya kegiatan bisnis internasional. Menurut Griffin (2010) bisnis internasional adalah transaksi bisnis antara beberapa pihak dalam lebih dari satu negara. Sedangkan menurut Hadi (2010) bisnis internasional adalah suatu studi tentang transaksi ekonomi yang meliputi perdagangan internasional (ekspor dan impor) dan foreign investment (direct maupun indirect) yang dilakukan oleh individu dan perusahaan atau organisasi dengan tujuan mendapatkan keuntungan dan manfaat tertentu. Sedangkan menurut Cavusgil (2008) bisnis internasional adalah aktivitas perdagangan dan investasi yang dilakukan oleh perusahaan melintas batas satu negara dengan negara lainnya. Pertumbuhan aktivitas bisnis internasional meningkat sejalan dengan fenomena semakin luasnya pasar yang diakibatkan globalisasi. 

Saat ini perkembangan kegiatan bisnis internasional semakin maju, hal ini dikarenakan adanya aspek-aspek yang menyebabkan kegiatan ini semakin cepat berkembang, diantaranya adalah : a) Peningkatan yang pesat dalam teknologi dan ekspansinya sehingga transportasi menjadi lebih cepat dan sistem kiomunikasi yang memungkinkan untuk melakukan sesuatu dari jarak jauh. b) Liberalisasi dalam kebiajakan pemerintah sehubungan dengan pergerakan perdagangan dan sumber daya lintas negara. c) Pengembangan lembaga yang diperlukan untuk mendukung dan memfasilitasi perdagangan internasional. lembaga-lembaga ini dibentuk oleh kalangan bisnis dan pemerintah sehingga keberadaan lembaga ini mengurangi resiko perusahaan. d) Peningkatan dalam kompetisi global, dimana persaingan bisnis tidak saja hanya antara perusahaan-perusahaan dalam satu negara, akan tetapi juga persaingan itu diikuti oleh perusahaan-perusahaan lain yang ada dalam satu regional/kawasan bahkan antar benua

Aktivitas bisnis internasional dimulai dari adanya perdagangan antar negara. Hal ini terjadi karena tidak ada satupun negara di dunia yang dapat memenuhi seluruh kebutuhan hidup rakyatnya sendiri. Apabila kita tarik lebih jauh ke belakang, maka sebetulnya aktivitas bisnis internasional sudah dilakukan sejak jaman kerajaan, dimana pada masa itu terjadi aktivitas perdagangan antara kerajaan yang satu dengan kerajaan yang lainnya, bukan hanya dalam satu benua akan tetapi antar benua. Saat ini kegiatan perdagangan antar negara tersebut seringkali dinamakan dengan ekspor-impor. Ekspor dalam arti menjual produk dalam negeri ke luar negeri, sedangkan impor membeli barang luar negeri untuk dipakai di dalam negeri. Dalam aktivitas ekspor impor, terdiri dari dua jenis perdagangan yaitu 
(1) Perdagangan Tangible, yaitu perdagangan barang/produk yang berwujud seperti pakaian, alat elektronik, dan bahan mentah. 
(2) Perdagangan Intangible adalah perdagangan jasa/ produk yang tidak berwujud, seperti kegiatan jasa keuangan. Perusahaan yang memasuki bisnis internasional pada umumnya melibatkan diri secara bertahap dari yang paling sederhana yang tidak mengandung resiko sampai tahap yang paling kompleks dan mengandung resiko bisnis yang sangat tinggi. 


Referensi
Budi Rustandi Kartawinata dkk, Bisnis Internasional. Karya manunggal Lithomas. Bandung. 2014
GATUT L BUDIONO, Bisnis Internasional. FebsOs Jakarta. 2009

Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  2. bisnis lokal atau internasional mempunyai tujuan yaitu memperbesar penjualan, mengakuisisi sumber daya dan diversifikasi dan neraca ekspor harus lebih tinggi ketimbang impornya.
    ( Ruri Handayani)

    BalasHapus
  3. Perdagangan internasional timbul akibat interaksi antara dua Negara atau lebih yang menghasilkan kerjasama antara Negara tersebut. Perbedaan barang dan jasa yang dihasilkan suatu Negara sebagai salah satu faktor terjadinya perdagangan internasional.
    Bisnis Internasional berkembang karena adanya globalisasi.
    Teknologi terutama teknologi informasi berkembang dengan pesat,
    sehingga arus globalisasi pun sulit untuk dihadang, dan hasilnya
    adalah seperti sekarang ini.
    (Intan Permata Sari)

    BalasHapus
  4. Bisnis Internasional adalah perdagangan dan investasi antar negara yang dilakukan untuk beberapa tujuan yaitu mengakuisisi sumber daya,disverifikasi,memperbesar penjualan dan mencukupi kebutuhan barang dan jasa dalam negeri. Beberapa aktivitas perdagangan internasional meliputi ekspor, impor,waralaba dan lainya.Perdagangan internasioanal berkembang karena globalisasi dan perkembangan teknologi yang pesat.Perdagangan internasional membuat dunia menyatu dan terjadi banyak pemerataan kemakmuran di antara negara-negara di dunia.
    (Emi Dwianti)

    BalasHapus
  5. Bisnis Internasional adalah bisnis yang mengacu pada perdagangan barang, jasa, teknologi, modal dan/atau pengetahuan lintas batas negara dan dalam skala global atau transnasional. Ini melibatkan transaksi barang dan jasa lintas batas antara dua negara atau lebih.

    Faktor berkembangnya Bisnis Internasional adalah adanya globalisasi. Contohnya teknologi informasi yang berkembang secara pesat disetiap negara. Dengan semakin menyatunya globalisasi dan Bisnis Internasional, maka bisnis pun semakin berkembang hal ini dikarenakan tidak ada sebuah negara pun didunia ini yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakatnya sendiri. Maka dampak positifnnya terjadi adalah terciptanya pemerataan kemakmuran diantara negara-negara di dunia.
    (Moch. Muhyi Aldi Yahya)

    BalasHapus
  6. Bisnis Internasional adalah kegiatan transaksi yg dilakukan 2 negara atau lebih, kegiatan meliputi lisensi, waralaba, kontrak manajemen, impor ekspor. Bisnis internasional didukung dengan globalisasi dan kemajuan teknologi dimana akan mendorong minat pelaku bisnis internasional.
    (Eza Kurnia Elang Wijaya)

    BalasHapus
  7. Bisnis Internasional adalah transaksi bisnis antar negara yang meliputi ekspor, impor, lisensi, waralaba, dan kontrak manajemen. Berkembangnya bisnis internasional karena adanya kemajuan teknologi dan globalisasi. Teknologi informasi berkembang dengan begitu pesat sehingga arus globalisasi sulit dihadang. Dengan berkembangnya bisnis internasional, terjadilah kemakmuran didunia.
    (Alfi Choirul Waqiah)

    BalasHapus
  8. Bisnis internasional adalah suatu studi tentang transaksi ekonomi yang meliputi perdagangan internasional (ekspor dan impor) dan foreign investment (direct maupun indirect) yang dilakukan oleh individu dan perusahaan atau organisasi dengan tujuan mendapatkan keuntungan dan manfaat tertentu. Investasi dan Perdagangan ada 2 yaitu : Investasi portofolio internasional dan investasi langsung luar negeri. Alasan perusahaa dalam Bisnis Internasional adalah memperbesar penjualan, mengakuisisi sumber daya dan diversifikasi. (NUR HIDHAYAH AGUSTINA-19106620071)

    BalasHapus
  9. Bisnis internasional adalah transaksi bisnis antara beberapa pihak dan lebih dari satu negara. Dan dalam investasi & perdagangan terdapat 2 investasi yaitu portofolio internasional dan investasi langsung luar negeri. Dan memiliki 3 tujuan yaitu memperbesar penjualan ,mengakuisisi sumberdaya dan deversifukasi (Nanda Fitria Oktavia)

    BalasHapus
  10. Setiap negara memiliki regulasi perdagangan secara internasional. Hal ini berguna untuk para pelaku usaha (bisnis) mengembangkan produknya dengan melakukan ekspor barang. Bahkan jarak yang sulit ditempuh (impor) dengan bantuan dari transportasi dan alat tukar mata uang (devisa).

    Peluang ini wajib dilakukan oleh seluruh pengusaha dengan mengandalkan produk negri dan luar negri. Kejadian ini bisa dikatakan sebagai globalisasi, karena mencakup antar pulau dan negara.
    (Mutiara Ayu Fitriani, 19106620069)

    BalasHapus
  11. Bisnis Internasional merupakan seluruh transaksi bisnis oleh swasta dan pemerintah
    yang melibatkan dua atau lebih negara. Kegiatan bisnis ini bagi pihak swasta memiliki
    tujuan mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya, sedangkan bagi
    pemerintah kegiatan bisnis ini bukan hanya untuk keuntungan semata, akan tetapi
    juga memiliki tujuan untuk kesejahteraan sosial.

    Pertumbuhan perekonomian dunia yang mengarah kepada era globalisasi dewasa ini
    berdampak kepada semakin tingginya tingkat persaingan bisnis antar organisasi baik
    yang beroperasi pada tingkat domestik, regional, maupun internasional. Pasar
    internasional menjadi tanpa batas negara (Unboundaries). Berbagai strategi bisnis
    internasional dirumuskan oleh setiap organisasi agar organisasi bisnis (Perusahaan)
    mampu tetap eksis dan menguasai pasar internasional.

    (Kevin Ryan, 19106620121)

    BalasHapus
  12. Pengolahan investasi dalam negeri maupun diluar negeri sangat penting karena dapat membantu kebijakan dan tujuan sekaligus membantu pengawasan dan penanaman modal untuk memperoleh keuntungan.

    Perdagangan antara 2 negara atau biasa disebut dengan perdagangan internasional merupakan kegiatan jual beli antara 2 negara yang berbeda. Kegiatan ini dapat menguntungkan untuk 2 negara sekaligus karena dapat meningkatkan sektor perekonomian negara. Pihak yang bisa melakukan perdagangan ini dapat dilakukan oleh beberapa perusahaan. Ataupun bahkan berupa individu yang mempunyai usaha yang di ekspor atau pun sebaliknya.
    (Saph'na Anissa T, 19106620088)

    BalasHapus
  13. Bisnis internasional adalah transaksi bisnis antara beberapa pihak dalam lebih satu negara. Adapun tujuan dari bisnis internasional yaitu untuk memperbesar penjualan, mengakuisisi sumber daya dan diversifikasi. Di dalam bisnis internasional terdapat investasi dan perdagangan. Selain itu ada beberapa aktivitas di dalam bisnis internasional yaitu ekspor, impor, lisensi, waralaba, dan kontrak manajemen. Bisnis internasional bisa berkembang karena adanya globalisasi, dengan semakin berkembangnya bisnis internasional maka terjadi pula pemerataan kemakmuran diantara negera-negara di dunia.
    (Muhammad fikri nafida, 19106620120)

    BalasHapus
  14. Bisnis Internasional merupakan kegiatan bisnis yang dilakukan melewati batas-batas suatu negara. Transaksi bisnis seperti ini merupakan transaksi bisnis internasional. Adapun transaksi bisnis yang dilakukan oleh suatu negara dengan negara lain yang sering disebut sebagai Bisnis Internasional (Internasional Trade). Di lain pihak transaksi bisnis itu dilakukan oleh suatu perusahaan dalam satu negara dengan perusahaan lain atau individu di negara lain disebut pemasaran internasional atau internasional marketing. Bisnis internasional sendiri berkembang karena adanya globalisasi. Dengan globalisasi ekonomi dunia, telah terjadi peningkatan seiring dengan jumlah perusahaan yang beroperasi secara global. Bisnis Internasional tumbuh dalam ruang lingkup dan ukuran ke titik di mana saat ini, ekonomi global di dominasi oleh perusahaan multinasional dari semua negara di dunia. Kegiatan Bisnis Internasional ekspor impor seperti pertukaran komoditas antar negara, kontrol neraca negara. Dan kegiatan investasi pasar modal berupa saham ataupun akuisisi. Dalam melakukan kegiatan ekspor impor tersebut perlu diperhatikan ketentuan-ketentuan yang
    berlaku di bidang tersebut.Setiap negara yang melakukan perdagangan dengan negara lain tentunya akan memperoleh manfaat bagi negara tersebut.

    [Wilda Dyah Shelvia A, 19106620093]

    BalasHapus
  15. Perdagangan internasional menjadi kunci kebangkitan ekonomi global. Tujuan perdagangan internasional berkaitan dengan pertukaran barang dan jasa antar negara. Pada dasarnya perdagangan internasional bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri yang tidak dapat terpenuhi karena adanya keterbatasan-keterbatasan tertentu.
    ( Ageng Miftakhul Faridlo 19106620075 )

    BalasHapus

Posting Komentar

Terpopuler

STARNETWORKING Unlimited Internet Service