Usaha Jasa Transaksi Pembayaran Online


Oleh: Ibnu Ahmad Fauzi

Jasa pembayaran online merupakan usaha yang sebenarnya saat ini banyak ditemukan di segala tempat. Jasa yang disediakan antara lain pembayaran pulsa seluler, pulsa listrik, paket data,tagihan listrik, pdam, bpjs, voucer game, dan sebagainya. Dalam usaha ini, saya berperan sebagai jembatan antara pelanggan dan aplikasi PPOB (Payment Point Online Bank) atau aplikasi yang digunakan untuk mengakses server pulsa yang digunakan untuk pembayaran online. Dengan begitu saya mengambil keuntungan dari setiap transaksi dari pelanggan ke aplikasi PPOB tersebut.

Visi dari usaha jasa ini yang paling pasti mempermudah pelanggan untuk melakukan transaksi pembelian pulsa,pembayaran tagihan dan lainnya secara cepat. Karena dengan begitu pelanggan tinggal membayar transaksinya tanpa harus top up atau isi saldo terlebih dahulu. Lalu visi selanjutnya yang pasti memenuhi kebutuhan pulsa atau pembayaran online yang saat ini memang sangat dibutuhkan sekali oleh setiap orang.

Sebelumnya saya sudah menulis kalau jasa ini sudah banyak ditemukan di mana-mana, seperti di toko-toko. Dengan begitu sebenarnya persaingannya juga semakin ketat. Namun karena kebutuhannya juga banyak maka hal itu menyeimbangkan persaingan dari usaha jasa ini.

Sasaran pasar untuk jasa pembayaran online ini adalah keluarga, teman, dan orang disekitar yang pastinya setiap saat membutuhkan transaksi untuk melakukan pembayaran.Keunggulan dari jasa ini adalah yang pasti tidak membutuhkan banyak modal, karena walaupun kehabisan saldo bisa diisi lagi dengan cepat, dan juga saldo atau barang yang di jual tidak bisa kadaluarsa ataupun membusuk.

Untuk melakukan usaha ini yang paling penting adalah memiliki smartphone yang bisa digunakan atau dinstall aplikasi PPOBnya dan juga koneksi internet.Untuk menjalin komunikasi dengan konsumen yang paling penting cepat untuk menanggapi permintaan dari pelanggan dan melakukan transaksi dengan cepat agar pelanggan jadi suka transaksi dengan saya.

Membahas masalah perolehan laba sebenarnya tidak banyak, karena keuntungan diambil dari setiap transaksinya yang memang tidak banyak, tergantung dari transaksi apa yang dilakukan keuntungan yang diperoleh juga berbeda.

Untuk sumberdaya yang dibutuhkan pastinya hanya melakukannya sendiri dengan ditemani smartphone dan koneksi internet serta aplikasi PPOB yang sudah diisi saldo. Dan beberapa aplikasi pembayaran kita harus mendaftar sebagai member untuk bergabung dengan supplier pulsanya.

Selanjutnya key activities atau aktivitas produksi yang  dilakukan. Namun karena ini adalah usaha jasa, maka yang dilakukan adalah menyiapkan aplikasi,mengisi saldo, dan ketika ada pelanggan yang ingin melakukan transaksi pembayaran maka langsung melakukan transaksi pada aplikasi sesuai keinginan pelanggan.

Usaha ini merupakan usaha sampingan yang bisa dilakukan sendirian tanpa membutuhkan kurir atau pun karyawan, maka dengan begitu tidak perlu mengeluarkan uang lagi untuk membayar karyawan atau kurir.

Usaha jasa transaksi pembayaran online tidak memerlukan modal yang banyak, karena modal yang dikeluarkan bersifat optional atau bisa memilih mau mengisi saldo sebesar Rp. 100.000,- atau pun Rp.500.000,- karena uang yang kita sisipkan atau kita jadikan saldo tidak akan hilang ataupun kadaluarsa, uang itu hanya bersarang di dalam aplikasi yang hanya keluar masuk ketika transaksi berlangsung.

Komentar