Usaha Jamur Tiram, Peluang Usaha Alternatif Rumahan

Oleh : Fatkhur Ratib

      Jamur tiram putih merupakan salah satu jamur kayu yang sangat baik untuk di konsumsi manusia. Selain Memliki cita rasa yang khas, jmur tiram juga memiliki nilai gizi yang tinggi. pada pabrik yang kami olah, mengguankan bahan-bahan yang alami, tnpa tmbahan bahan-bahan yang tidak alami. jadi, jamur yang kami hasilkan juga sangat higienis, baik untuk kesehatan manusia. pabrik kami melayani pembelian dengan jumlah yang tidak di tentukan, sehingga konsumen bisa membeli sesuai kebutuhan masing-masing.
    Pabrik kami meempunyai misi yaitu menjadi penyuplai terbesar jamur tiram untuk memenuhi kebutuhan jamur tiram di Jawa Tiimur. dengan visi memberi ketrampilan msyarakat cara budidaya jamur yang berkualitas serata mengurangi pengangguran di dekat perumahnan pabrik.
   segment pasar kami yaitu pasar rakyat, pedagang sayur yang menetap, pedagang keliling, pedagang gorengan yang menjadikan jamur sebagai salah satu bahan tambahan, dan juga ibu-ibu rumah tangga yang dekat maupun jauh dari perumahan pabrik kami.
   Jamur Tiram kami adalah jamur tiram yang di olah atau di budidayakan secara higienis sehingga menghasilkan Jamur yang berkualitas. pada saat proses penanaman bibit juga sangat higienis tanpa tambahan bahan-bahan yang berbahaya/pengawet. 
   Media pemasaran pada pabrik kami mengguanakan media offline dan juga online. pelayanan secara langsung atau offline yaitu di jual di pasar rakyat, pedagang yang menetap ataupun yang keliling. sedangkan media secara online yaitu dengan bantuan marketplace, dan juga whatsapp sebagai media pemasaran.
    konsumen menikmati layanan pemasaran lewat pedagang-pedagang yang menjual jamur kami, atau langsung melakukan transaksi langsung di pabrik kami. dengan pelayanan yang baik dan sangat menjamin kepuasan pelanggan.
  pemasaran pada pabrik jamur tiram yang kami lakukan yaitu dengan menjual secara fisik, dengan tenaga kerja yang tertentu.
Sumber daya yang kami miliki ada 2 yaitu 
1. sumber daya manusia : yang memperkerjakan tetangga yang membutuhkan lapangan pekerjaan.
2. fasilitas : fasilitas mencakup alat-alat berat, alat alat ringan yang di perlukan. contoh karet gelang, kertas dll.
   aktifitas utama yang pabrik kami lakukan yaitu pengolahan yang alami, higienis pasti akan menghasilkan jamur tiram yang berkualitas.
partner pabrik  usaha jamur tiram kami mencakup supplaier penyedia bahan baku, pegawai  dan penyedia modal.
   Biaya bahan-bahan yang kami keluarkan yaitu:
1. biaya bahan baku
2. biaya listrik, air dan sejnisnya
3. biaya tenaga kerja
4. biaya perawatan asset(gubuk tempat jamur, paralon potong2, karet gelang, alat pemadat bahan baku dan sebagainya)

Komentar