Tempe Kedelai lokal, Bahan makanan yang tidak pernah surut peminatnya di Indonesia

Oleh : Sofi Nasiroh


     Tempe adalah makanan orang Jawa yang terbuat dari fermentasi terhadap biji kedelai atau bahan lain dari jenis kacang-kacangan.  Perusahaan Tempe kedelai lokal akan megolah tempe secara higienis dan juga dengan berbagai macam ukuran. Tempe juga bisa di olah menjadi makanan ringan lain. Tempe yang di kelola pada perusahaan Tempe kedelai lokal bisa lebih tahan lama dan lebih enak rasanya.
    Visi perusahaan kami yaitu menjadi perusahaa Tempe yang paling di minati masyarakat khususnya masyarakat lokal, juga menjadi perusahaan tempe yang halal, lezat, juga terjangkau harga nya oleh pembeli atau konsumen. Sedangkan misinya adalah meningkatkan bahan baku, yaitu dengan memilih kedelai yang berasal dari supplier dan terjamin mutu atau kualitasnya.memenuhi kebutuhan masyarakat dengan menawarkan harga terjangkau namun tetap mendapatkan kualitas yang tinggi.
   Segmen pasar kami yaitu ibu-ibu, keluarga, atau perusahaan yang menggunakan Tempe sebagai salah satu bahan baku untuk perusahaannnya. Tempe yang menjadi salah satu lauk pauk yang paling diminati kalangan anak-anak, sampai orang dewasa sehingga peluang bisnis nya sangat besar.
    Tempe yang kami pasarkan adalah Tempe yang di olah secara higienis, sehingga rasa yang di hasilkan juga sangat lezat. pada saat proses pengemasan juga padat, jadi memudahkan konsumen mengolahnya menjadi berbagai makanan lain.Di perusahaan kami menyediakan 2 macam tempe, yaitu tempe dengan pengemasan menggunakan plastik dan menggunakan daun pisang.
    Pada perusahaan Tempe Kedelai lokal kami menggunakan media pemasaran secara offline dan juga online. Pemasaran secara offline yaitu di jual di pasar rakyat, di antar ke toko-toko sayur mayur, dan juga di jual dengan cara keliling di pagi hari. sedangkan pemasaran secara online kami menggunakan marketplace di facebook, dan juga menggunakan whatsapp sebagai media pemasaran.
    Perusahaan Tempe Kedelai Lokal kami akan menunjuk salah satu anggota dari perusahaan kami untuk melakukan penjualan secara langsung kepada konsumen. dengan begitu konsumen bisa langsung mengkritik dan memberi saran secara langsung agar tetap terjaga kualitas dari Tempe kedelai lokal kami.
     Pemasaran pada perusahaan Tempe Kedelai Lokal yang kami lakukan adalah dengan menjual secara fisik dan juga secara langsung.
     Sumber daya yang kami miliki ada 3 yaitu
1. Sumber daya manusia : yang memperkerjakan para tetangga yang membutuhkan lapangan pekerjaan
2. Fasilitas : fasilitas mencakup alat-alat berat dan juga ringan.
3. Resep dan pengolahan bahan baku yang berbeda akan menghasilkan Tempe yang berbeda.
   aktifitas utama pada perusahaan kami yaitu pengolahan yang di lakukan secara higienis dan dengan teknik tertentu pasti akan menghasilkan Tempe kedelai lokal yang berbeda juga.
    Partner perusahaan Tempe Kedelai Lokal kami mencakup supplier bahan baku (penyedia bahan baku), pegawai,dan juga penyedia modal.
Biaya bahan-bahan yang kami keluarkan yaitu :
1. biayabahan baku
2. biaya listrik, air, dan sejenisnya.
3. biaya tenaga kerja
4. biaya perawatan aset (meliputi gedung, panci, dan sebagainya.
    Begitulah marketing pada perusahaan Tempe Kedelai Lokal  kami dalam penjualan atau pemasaran produk. bagi pengusaha menengah sebaiknya mempelajari dan memahami strategi bisnis yang tepat dan mencoba untuk mengaplikasikannya agar dapat bertahan di antara usaha-usaha yang berskala besar.

Komentar