INEEDTHISONE thrift, let's experiment with style and color!

Oleh : Arin Novia Widyanti

              

Minat masyarakat terhadap gaya hidup tidaklah lepas dari trend fashion yang sedang berkembang. Masyarakat pada umumnya memiliki daya beli yang berbeda-beda satu dengan yang lain dalam hal pemenuhan akan atribut fashion yang mereka butuhkan. Thrift Shop adalah salah satu pilihan yang banyak dipilih masyarakat untuk memenuhi kebutuhan dan menunjukkan identitas diri mereka. Disini penulis ingin menawarkan solusi dimana pembeli bisa mendapatkan pakaian unik dengan harga terjangkau melalui adanya thrift shop ini. Dari sini penulis juga ingin menghilangkan stigma bahwa seseorang dapat terlihat unik hanya dengan barang berkelas. Dengan second hand clothes kita juga dapat berkonstribusi dalam gaya hidup go green. Organisasi berbasis lingkungan seperti Oxfam sekalipun mendukung perdagangan second hand clothes. Second hand clothes saat ini bukan hanya komoditi yang dipandang sebelah mata saja, akan tetapi memiliki nilai tersendiri bagi penikmatnya.

Visi INEEDTHISONE store adalah menjadi tempat pencarian bagi pecinta second hand clothes, yang mampu membuat pelanggannya menjadi modis serta memberikan kesan berkualitas dan murah. Sedangkan misi INEEDTHISONE store adalah memberikan kualitas produk pakaian yang terbaik. Menjaga kepercayaan pelanggan. Memberikan pelayanan yang memuaskan. Meningkatkan nilai store melalui kreativitas, inovasi, dan pengembangan kompetensi Sumber Daya Manusia. Memiliki konsistensi untuk memberikan yang terbaik. Dan ikut berpartisipasi dalam mengembangkan industri kreatif di Indonesia.

INEEDTHISONE store lebih mengarahkan customer segmentsnya pada tipe segmented dimana pembeli dikelompokkan berdasarkan gender (pria dan wanita) dengan tingkat pendapatan (≤ Rp 2.000.000 dan pendapatan di atas Rp 2.000.000). INEEDTHISONE store juga mengembangkan customer segmentsnya kepada pasar yang bersifat diversified dengan membuat onlineshop dan juga marketplace. Segmentasi psikografis pada produk ini adalah wanita yang memiliki gaya berpakaian fashionable, aktif dalam kegiatan sosial, suka mengikuti tren terbaru, berani mencoba dan kreatif.

Perspektif dari value propositions INEEDTHISONE store tidak sekedar profit oriented dimana hanya mementingkan profit saja namun juga kualitas, trend, service dan hubungan yang baik dengan pelanggan. Value proposition yang diusung adalah sebagai berikut :

1.      Newness, memperbarui koleksi setiap minggunya sehingga barang selalu up to date dan dapat memenuhi selera pasar yang berubah-ubah.

2.      Performance, kami melihat performance dari dua sisi yaitu  pelayanan dan kinerja produk. Pelayanan yang ramah dan komunikatif serta produk dengan kualitas dan harga yang bersaing.

3.      Costumization, costumer dapat memperbarui produk yang tersedia (recycle clothes) dengan layanan kami sehingga dapat menyesuaikan ukuran dan keinginan costumer.

4.      Design, barang di INEEDTHISONE store memiliki design yang unik, estetik, dan pastinya berkualitas

5.      Brand, produk yang dijual ada yang memiliki brand dan pula yang tidak ada brandnya. Brand yang ada rata-rata sudah dikenal oleh customer.

6.      Price, harga yang diberikan berkisar antara Rp 15.000 – Rp 100.000. Dikatakan terjangkau karena jika dibandingkan dengan harga pesaing tentunya harga yang kami berikan tergolong lebih murah.

Proses transaksi yang kami lakukan terbagi menjadi dua yaitu proses yang terjadi secara langsung (pelanggan datang ke toko) dan secara tidak langsung (online). Bagi costumer yang memesan, diberikan dua pilihan yaitu ambil sendiri atau kami antarkan. Sedangkan bagi transaksi yang dilakukan secara tidak langsung dapat dilakukan sistem COD dimana pembayaran secara cash pada saat barang diantarkan dan sistem transfer dimana customer mentransfer sejumlah uang sesuai total harga dan barang akan diantarkan melalui ekspedisi.

INEEDTHISONE store berusaha semaksimal mungkin untuk menjaga hubungan baik dengan customer. Dapat dikatakan bahwa kategori customer relationships yang kami terapkan adalah personal assistance (customer berkomunikasi secara langsung dengan kami), communities (membuat grup di line untuk menjalin hubungan dengan komunitas customer kami).

INEEDTHISONE store memperoleh pendapatan dari penjualan produk. Mekanisme harga yang kami gunakan adalah fixed menu pricing dimana harga ditetapkan berdasarkan kualitas. Meskipun harga yang ditetapkan adalah fixed namun tersedia banyak bonus dan berbagai promo khususnya untuk pembeli borongan.

Key resources dapat dilihat dari 3 elemen yaitu physical fasilitas fisik intellectual (brand dan partnerships), human, financial (uang tunai). Key resources yang kami kembangkan misalnya berupa fasilitas fisik yaitu fitting room, sumber daya manusia yaitu pengembangan skill owner dalam melayani customer dan memilih design baju yang akan dipamerkan.

INEEDTHISONE store tidak melakukan aktivitas produksi dan hanya melakukan distribusi kepada customer. Key activities kami yaitu melakukan pemilihan dan pengecekan barang dari suppliyer, laundry, melakukan stock, menata barang yang dijual, memajang produk yang baru, melakukan foto produk untuk katalog, upload foto di media sosial dan marketplace, beriklan di sosial media, berkomunikasi dengan customer melalui sosial media, dan melakukan penjualan.

kami memiliki partner yang potensial seperti supplier, pihak laundry dan customer yang membantu kami dalam mencapai tujuan.

INEEDTHISONE store menyeimbangkan antara cost driven dan value driven. Biaya yang kami keluarkan yaitu biaya perlengkapan, biaya peralatan, biaya iklan, biaya bensin, biaya sewa toko dan biaya kirim. Karakteristik cost structure kami terbagi menjadi 4 yaitu fixed costs (biaya sewa toko, biaya iklan, biaya peralatan untuk dekorasi toko), variable costs (pakaian yang dijual, buku nota harian, biaya bensin), economies of scale (pada saat tertentu dimana penjualan harian tergolong ramai, maka biaya operasional yang dikeluarkan akan cenderung menurun).

Komentar

Posting Komentar