Oleh : Gistinia Rininda TI A3

 


Fruity Fresh merupakan usaha kecil yang saya dirikan dibidang kuliner. Fruity Fresh terbuat dari buah buahan segar yang sudah dipotong kecil kecil lalu disiram dengan saus yang terbuat dari yogurt, susu kental manis, dan mayonaise yang kemudian ditaburi dengan toping keju, coklat atau sesuai request dari pembeli. Dalam kebutuhan sehari – hari banyak masyarakat yang melakukan aktivitas di luar rumah selama seharian. Dengan aktivitas yang semakin padat, membuat banyak orang orang membutuhkan asupan makanan tambahan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satu makanan sehat yang aman untuk dikonsumsi adalah salad, baik salad sayuran ataupun salad buah – buahan. Salad buah adalah makanan alternatif yang menyehatkan. Bukan bisa mencegah dan mengobati beberapa penyakit. Sayuran dan juga buah – buahan kaya akan nutrisi, kandungan gizi, mengandung serat tinggi, juga mengandung berbagai vitamin dan mineral yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh.

Visi perusahaan Fruity Fresh yang saya dirikan ini adalah menjadikan perusahaan buah segar yang halal, lezat dan menyehatkan. Misinya adalah meningkatkan ketersediaan bahan bahan, yaitu dengan memilih buah segar yang terjamin kebersihanya. Memenuhi kebutuhan masyarakat dengan menawarkan harga terjangkau namun kualitas makanan yang diberikan tidak murahan.

Aktivitas yang dilakukan Fruity Fresh  yang utama yaitu menjual salad buah, berbagi informasi tentang pentingnya kita untuk mengkonsumsi buah dan tentang kesehatan, melakukan pencatatan penjualan, dan yang tidak kalah penting yaitu kita selalu mengadakan promo diskon dan giveaway.

Fruity Fresh juga menyediakan beberapa varian harga

è 200 ml             10k

è 400 ml             15k

è 750 ml             25k

è 1000 ml           35k

Segmen pasar paling utama yaitu pada kalangan mahasiswa karena yang pasti saya berjualan di lingkungan kampus, masyarakat luar kampus seperti anak-anak, remaja/pelajar, ibu-ibu. Fruity Fresh juga menerima pesanan untuk acara pesta maupun acara lainya.

Fruity Fresh mempunyai keunggulan tersendiri  yaitu kemasan yang unik, buah buahan segar dan variasi rasa yang kekinian selain itu kita juga  menerima requestan isi buah sesuai yang customer inginkan. Fruity Fresh selalu memberikan penawaran-penawaran menarik kepada konsumen seperti diskon 10%, buy 1 get 1, khusus hari jumat buy 2 get 1 free untuk pembelian varian 400ml/ 15k, dan masih banyak lagi . Kita juga membuka stand di rumah yang dilengkapi dengan wifi dan taman yang indah, maka dari itu kita bisa menikmati salad buah dengan ditemani suasana yang tenang dan indah.

Dalam melakukan promosi Produk Fruity Fresh ini dengan cara menyebarkan brosur kepada masyarakat dan penempelan brosur pada sekitar stand yang dijadikan mitra usaha atau  juga dapat kalian temukan di akun social media kami yaitu  instagram, facebook, whatsapp, dan line. Pemesananya bisa langsung ke kontak whatsapp yang ada atau pemesanan lewat grabfood. kita juga melayani COD ataupun DO.

Usaha Fruity Fresh tidak hanya melayani pembelian dirumah namun Fruity Fresh juga menitipkan produk di berbagai tempat, seperti koperasi, kantin sekolah, Direct Marketing, dan Social Media Marketing

Fruity Fresh selalu memberikan pelayanan yang terbaik untuk customer ,kita selalu melakukan rekapan dan mencatat nama customer yang order salad buah di Fruity Fresh. Dan setiap bulan nya kita memberikan gift dengan syarat dalam 1 bulan minimal order 3x, jadi untuk yang sudah order 3x maka akan mendapat gift yang sudah kita siapkan.

Revenue streams merupakan pendapatan yang diperoleh perusahaan dari customer segments. Fruity Fresh  memperoleh Laba dari keuntungan penjualan salad buah.

Fruity Fresh memiliki partner yang utama adalah saya sendiri pembuat produk, penjual buah-buahan, pembuat stiker dan kurir yang mengantar pesanan ke customer.