Mengulas Jahitan Rantai-Menilai kulitas kaos kebanyakan orang biasanya melihat dari sisi kain dan tidak jarang juga ada yang menilai kualitas kaos langsung pada jenis jahitannya. Berikut adalah penjelasan tentang kualitas kaos dari sisi jahitan. Dalam proses pembuatan kaos terdapat beberapa macam jenis jahitan yang sering digunakan dan biasanya menjadi standar mutu dari kaos tersebut. Antara lain seperti Jahit Obras, Jahit Rantai, dan Jahit Overdeck. Jenis jahitan pada kaos merupakan salah satu acuan yang harus diperhatikan sebelum membeli kaos polos
Mengulas Jahitan Rantai
Mengulas Jahitan Rantai

Disini kita akan membahas tentang salah satu jenis jahitan diatas yaitu jenis jahitan rantai. Diketahui dari namanya, jahitan ini menghasilkan pola jahitan seperti rantai. Jahit rantai biasa digunakan untuk menjahit dari pundak kiri, pundak kanan, dan belakang leher. Untuk menjahit rantai, digunakan mesin jahit doubleh stiches atau jarum ganda.

Seiring berkembangnya zaman jenis jahitan ini sering dipakai sebagai teknik jahit pada kaos polos yang sehari-harinya kita kenakan. Sebenarnya, jahitan ini merupakan salah satu teknik jaitan yang digunakan untuk mempermudah pengerjaan kaos, tetapi untuk saat ini dijadikan salah satu acuan untuk pembuatan kaos yang berkualitas, karena dilihat dari hasilnya cukup rapi dan unik. Untuk jahit rantai ini terdapat kain atau yang disebut“bis,” berfungsi sebagai penutup jahitan obrasan pada pundak agar terlihat rapi. Jenis jahitan bis ini merupakan turunan dari jahit rantai.

Jahit rantai pada kaos polos ini sangat berguna untuk menjaga kualitas dan keawetan kaos. Karena jika menggunakan jenis jahitan yang sembarangan kaos dapat dengan mudah mengalami kerusakan semisal jahitan yang lepas karena tidak kuat ataupun kaos yang bolong karena jahitan yang terlepas. Kemungkinan terburuk yang bisa terjadi jika jahit rantai pada kaos ini tidak dilakukan dengan baik adalah terpisahnya potongan kaos dari bagian depan, belakang dan kerah leher. Jika kita ingin membuat kaos polos sendiri dalam skala besar untuk usaha misalnya, hal yang tidak boleh lupa kita tanyakan kepada penjahit adalah jenis jahitan yang akan di gunakan saat pengerjaan kaos tersebut. Jangan sampai pihak penjahit tidak mengetahui jenis jahitan atau sembarangan menggunakan jenis jahitan yang mereka inginkan karena bisa berdampak buruk bagi kualitas kaos yang dihasilkan nantinya. Jangan sampai usaha ataupun bisnis yang kita bangun mendapatkan image yang buruk karena kualitas kaos yang dihasilkan tidak sesuai dengan standard pada umumnya.

***
-berbagai sumber-